Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.