Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Semarang Kembangkan Pemanfaatan Lahan Tidur

semarang, lahan tidur, perhutani

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 350

Pemerintah Kota Semarang terus mengembangkan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produktivitas pertanian baik padi maupun tanaman pangan alternatif.

"Daerah tegalan yang dulunya tidak digunakan, seperti tegalan milik Perhutani di Ngaliyan sekarang dimanfaatkan petani dengan ditanami padi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys di Semarang, Selasa.

Tidak hanya tegalan, tetapi pekarangan rumah juga dimanfaatkan untuk tanaman pangan alternatif seperti ubi kayu dan ubi jalar.

Ayu Entys mengakui lahan pertanian baik pertanian padi dan buah dari tahun ke tahun di Kota Semarang berkurang seiring pertumbuhan perumahan.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti begitu saja dengan lahan pertanian yang berkurang," katanya.

Untuk tetap meningkatkan produktivitas padi misalnya, lanjut Ayu Entys, Dinas Pertanian Kota Semarang menerapkan intensifikasi dan teknologi pertanian.

"Kami melakukan pendampingan dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam menggarap pertanian," katanya.

Segala upaya peningkatan produktivitas padi tersebut, tambah, Ayu Entys, membuahkan hasil karena tiga kali berturut-turut Kota Semarang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai daerah dengan peningkatan produksi padi di atas lima persen per tahun.

"Presiden terus menggenjot daerah untuk meningkatkan produksi padi dengan memberi penghargaan wali kota atau bupati yang daerahnya mampu melampaui lima persen peningkatan produktivitas padinya per tahun," katanya.

Kota Semarang, dalam tiga tahun terakhir berturut-turut, peningkatan produktivitas padi berkisar 10 persen hingga 15 persen.(ant/rd)

Jakarta Smart City Perlu Tingkatkan Partisipasi Warga

Keterbatasan akses dan infrastruktur bukanlah hambatan utama mengapa warga tidak menggunakan "Jakarta Smart City" melainkan masih minimnya sosialisasi yang berujung pada ketidaktahuan masyarakat.

Hong Tang Ramaikan Persaingan Kuliner Makassar

Manajemen Hong Tang yang merupakan restoran dessert ala Taiwan kini hadir dan siap meramaikan persaingan kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ritual Pengusir Bahaya Dalam Tarian Khas Banyuwangi

Seni adalah budaya yang kaya dimiliki bangsa Indonesia, dengan seni tari khususnya masyarakat dapat memperkaya budaya dari nenek moyang yang secara turun-temurun diwariskan kepada anak cucu.

Warga Diminta Tidak Palsukan Plat Nomor Kendaraan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta kepada warga agar tidak melakukan pemalsuan nomor plat kendaraan terkait penerapan kebijakan ganjil genap di wilayah ibukota.

Instansi Ini Melarang Pegawainya Bermain Pokemon Go

PT KAI Daop VI Yogyakarta melarang pegawai termasuk penumpang dan masyarakat memainkan permainan virtual berbasis aplikasi telepon selular salah satunya Pokemon GO yang kini menjadi tren.