Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Penataan Kawasan Kumuh Jadi Fokus Jokowi

joko widodo, kawasan kumuh, program penataan

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 383

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku fokus terhadap penataan kawasan kumuh atau "slum area" di ibukota selama menjalani masa kepemimpinannya.

"Dalam waktu lima tahun ini, saya akan menitikberatkan perhatian untuk membangun dan menata kawasan kumuh di Jakarta," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Terkait biaya yang diperlukan, Jokowi mengatakan tidak hanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta, tetapi juga dari pihak swasta melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kawasan kumuh di Jakarta jumlahnya mencapai 360 titik. Ini menjadikan Jakarta sebagai salah satu dari enam ibukota dengan slum area terbanyak di dunia. Oleh sebab itu, kita akan cari CSR sebanyak-banyaknya untuk mendukung jalannya program penataan kampung," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, langkah pertama yang harus ditempuh dalam program penataan kampung adalah membeli banyak lahan untuk membangun rumah susun (rusun).

Diperkirakan, lanjut Jokowi, dibutuhkan lahan 1.200 hektare untuk program penataan kampung.

"Lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI saat ini baru 250 hektar. Sementara itu, diperlukan sebanyak 700 tower atau 7.000 unit rusun untuk menata 360 'slum area'," tutur Jokowi.

Jokowi mengungkapkan salah satu titik yang akan dibangun rusun, yaitu di Daan Mogot dengan luas 18 hektar dan Cilincing seluas tiga hektar.

Selain itu, ada juga di Manggarai dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Sementara itu, untuk menampung warga yang tinggal di bantaran Waduk Pluit akan segera dibangun sekitar tiga atau empat tower rusun di daerah Muara Baru.(ant/rd)

Depot Baubau Dijadikan Penampungan BBM Avtur

Depot Pertamina Kota Baubau Sulawesi Tenggara akan dijadikan sebagai tempat untuk menampung bahan bakar minyak (BBM) pesawat terbang jenis avtur.

Ayah Ajak Anak Dunuh Diri Mulai Diadili

David Nugroho, seorang ayah yang mengajak bunuh diri dua anaknya mulai diadili di Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

18.161 Personel Gabungan Dikerahkan Jaga Raja Salman

TNI-Polri mengerahkan 18.161 personel untuk mengamankan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud pada 1 Maret - 9 Maret 2017 dan Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017 pada 6-7 Maret 2017 di Indonesia.

BPS Ingatkan Pemerintah Berhenti Mencari Data Sempurna

Badan Pusat Statistik mengingatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk berhenti mencari data statistik yang sempurna dan lebih baik dalam membuat keputusan atau kebijakan sesuai fakta di lapangan.

Persatuan Becak Motor Tunggu Desain Prototipe

Persatuan Becak Motor Yogyakarta masih menunggu desain prototipe becak motor yang pernah ditawarkan akan dibuatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sehingga memenuhi standar kelaikan dan keamanan serta aspek legalitas.