Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Produsen Sarankan Petani Pesisir Selatan Membuat Kelompok

produsen pupuk bersubsidi, kelompok tani

Posted on 19 Mar 2013. Hits : 166

Produsen pupuk bersubsidi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat PT Pupuk Iskandar Muda menyarankan petani di kabupaten itu agar dapat bergabung dengan kelompok tani supaya lebih memudahkan mendapatkan pupuk subsidi.

"Kita sarankan petani agar membuat atau segera bergabung ke kelompok tani. Jika tidak maka petani tersebut akan sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi karena penyalurannya akan dilakukan melalui kelompok tani, " kata Kepala Bidang Penjualan Wilayah Sumbar PT PIM, Iswandi sebagai produsen pupuk bersubsidi di kabupaten itu ketika dihubungi di Painan, Senin.

Menurut dia, penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu dilakukan secara berjenjang yakni dari produsen ke gudang Lini II, seterusnya ke distributor, distributor menyalurkan ke kios-kios resmi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Selanjutnya petani yang diprioritaskan mendapatkan pembelian pupuk bersubsidi kepada kios-kios resmi di wilayahnya adalah petani yang telah memiliki kelompok tani.

Karena sebelum permintaan pembelian, petani terlebihdahulu telah membuat rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) melalui kelompok tani masing-masing.

Untuk penyaluran pupuk bersubsidi di kabupaten itu, PT PIM akan melakukan melalui lima distributor sesuai rekomendasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) kabupaten setempat.

Ke lima distributor itu seperti CV Makna Tani Sejahtera akan menyalurkan di Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Ranah Pesisir, CV Cahaya Selatan Agrotama di Kecamatan Batangkapas, Lengayang dan Ampek Nagari Bayang Utara.

CV Fajar Semesta Harapan menyalurkan pupuk bersubsidi di Kecamatan Sutera, Pancung Soal. Seterusnya CV Lunang Agrotama mendapat kepercayaan dari pemkab setempat untuk menyelurkan pupuk bersubsidi kepada pengecer di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lunang dan Silaut.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Koto XI Tarusan disalurkan oleh distributor Koperasi Unit Desa (KUD) Duku Batu Hampar.(ant/rd)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.