Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Program BOPF Diharapkan Atasi Permasalahan Pendidikan Karawang

program biaya operasional perawatan fasilitas, permasalahan krusial, sektor pendidikan

Posted on 01 Apr 2013. Hits : 503

Program Biaya Operasional Perawatan Fasilitas atau BOPF yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 2013 diharapkan bisa mengatasi lima permasalahan krusial sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman mengatakan, lima permasalahan pendidikan yang krusial di Karawang ialah permasalahan infrastrukur sekolah, hasil didik, manajemen yang kurang efektif, mahalnya biaya pendidikan dan persoalan seputar penerimaan siswa baru.

"Dengan diluncurkannya program BOPF, ke depan diharapkan kelima permasalahan krusial sektor pendidikan di Karawang bisa diatasi," katanya, di Karawang, Minggu.

Menurut dia, terkait dengan permasalahan infrastruktur sekolah, dilakukan peningkatan aksesibilitas perluasan dan pemerataan pendidikan di Karawang.

Pada tahun 2013 pemerintah daerah setempat menargetkan mampu memperbaiki ruang kelas sebanyak 1.030 unit.

Sedangkan sebelumnya atau pada tahun 2012 telah diperbaiki sebanyak 2.307 ruang kelas. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kapasitas daya tampung siswa baru.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat juga juga berupaya meningkatkan pendidikan dan melakukan penguatan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, yakni untuk mengembangkan kualitas kepala sekolah dan guru.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar kualitas hasil didik meningkat signifikan.

Mengenai permasalahan manajemen pendidikan, pemerintah daerah setempat telah melaksanakan rapat daerah dan "workshop" dengan sasaran kepada kepala sekolah sebagai internal sumber daya manusia di sekolah, agar bisa melaksanakan kontrol sekolah dengan lebih baik.

Sedangkan terkait dengan mahalnya biaya pendidikan, tahun ini Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran sekitar Rp84 miliar untuk membantu meringankan masyarakat agar tetap melanjutkan pendidikan.(ant/rd)

Depot Baubau Dijadikan Penampungan BBM Avtur

Depot Pertamina Kota Baubau Sulawesi Tenggara akan dijadikan sebagai tempat untuk menampung bahan bakar minyak (BBM) pesawat terbang jenis avtur.

Ayah Ajak Anak Dunuh Diri Mulai Diadili

David Nugroho, seorang ayah yang mengajak bunuh diri dua anaknya mulai diadili di Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

18.161 Personel Gabungan Dikerahkan Jaga Raja Salman

TNI-Polri mengerahkan 18.161 personel untuk mengamankan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud pada 1 Maret - 9 Maret 2017 dan Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017 pada 6-7 Maret 2017 di Indonesia.

BPS Ingatkan Pemerintah Berhenti Mencari Data Sempurna

Badan Pusat Statistik mengingatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk berhenti mencari data statistik yang sempurna dan lebih baik dalam membuat keputusan atau kebijakan sesuai fakta di lapangan.

Persatuan Becak Motor Tunggu Desain Prototipe

Persatuan Becak Motor Yogyakarta masih menunggu desain prototipe becak motor yang pernah ditawarkan akan dibuatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sehingga memenuhi standar kelaikan dan keamanan serta aspek legalitas.