Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ratusan Hektare Tanaman Padi di Aceh Barat Terendam Banjir

tanaman padi, banjir, aceh barat

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 257

Sekitar 150 hektare tanaman padi siap panen di Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda wilayah itu dalam dua hari terakhir.

Syarifuddin, petani Gampong (desa) Masjid Baroe di Meulaboh Jum'at mengatakan ketinggian air sepinggang orang dewasa itu merendam sawah mereka serta merontokan padi kemudian dihanyutkan.

"Jelas, petani rugi bila tidak dipanen semasih genangan air ini, sebab bila menungu surut banjir maka tanaman padi sudah disapu habis," katanya disela memanen padi dalam kondisi banjir kepada wartawan.

Di Kecamatan Sama Tiga terdapat ratusan hektare tanaman padi ditenggelamkan air seperti di Gampong Masjid Baroe, Rangkile, Cuot Lame dan sejumlah desa lain dengan ketinggian air 1-1,5 meter dan petani mengaku rugi belasan juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Perternakan Aceh Barat M Nasir menjelaskan banjir yang melanda persawahan setempat, karena kondisi sungai Bubon tidak bersih, sehingga debit air melimpah ke sawah.

"Kami perkirakan ada lebih 150 hektare yang sudah terendam banjir, yang lainnya akan kita data dan nanti akan kita usulkan penerima bantuan dari Pemprov Aceh," katanya.

Kata Nasir, banjir yang menggenangi persawahan Aceh Barat tersebut tidak selamanya merugikan petani, karena banjir memberikan manfaat besar bagi areal sawah tadah hujan sebab pada November 2012 ini seluruh petani dijadwalkan memasuki musim tanam rendengan.

Seluruh areal sawah yang terendam banjir itu kata dia merupakan kawasan areal penanaman padi sedikit terlambat ketimbang kawasan lain yang sudah melakukan panen sejak awal Oktober 2012.

"Saat ini sudah memasuki jadwal musim tanam serentak dan bagi lahan sawah yang tadah hujan, banjir ini sangat bernilai positif sebab sarana irigasi masih terbatas," imbuhnya.

Kabupaten Aceh Barat memiliki 18.308 hektare bahan baku sawah dengan produktivitas 4,6 ton/hektare, 10.180 hektare merupakan sawah tadah hujan, 3.408 hektare disediakan pompanisasi dan 2.209 hektare memiliki irigasi desa (waduk). (ant/as)

DBS Prediksi Pertumbuhan Mini Market 15,5 Persen

Grup Riset Bank Pembangunan Singapura DBS memprediksi pertumbuhan jumlah mini market di Indonesia mencapai 15,5 persen hingga 2018 melampaui pertumbuhan supermarket dan hypermarket.

Pembocor Data Amnesti Pajak Dipenjara Lima Tahun

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau-Kepulauan Riau, Jatnika, menyatakan setiap orang yang membocorkan data wajib pajak dalam program amnesti pajak akan dijatuhi sanksi pidana penjara lima tahun, untuk memberikan jaminan bahwa kebijakan tersebut memberikan kepastian keamanan bagi wajib pajak yang berpartisipasi.

Pemerintah Datangkan 11 Pembeli Potensial Asal Chile

Pemerintah melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago, Chile, terus berupaya untuk meningkatkan ekspor salah satunya dengan mendatangkan 11 pembeli potensial atau buyers dari delapan perusahaan untuk datang pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2016.

Menteri Susi Ingin Buat Monumen 'Illegal Fishing'

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ingin adanya monumen "illegal fishing" (penangkapan ikan secara ilegal) sebagai pengingat pentingnya memberantas tindak kejahatan yang telah mengglobal tersebut.

Perlengkapan Haji Mulai Ramai Dicari Pembeli

Penjualan perlengkapan haji di pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta Pusat yang dilakukan seorang pedagang mencapai keuntungan Rp40 juta per hari menjelang pemberangkatan haji 2016.