Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Sekolah Kreativa Kembangkan Kebun Sayur Hidroponik

sekolah alam kreativa, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik, membudidakan sayuran organik

Posted on 16 Jun 2013. Hits : 386

Sekolah Alam Kreativa di Kota Bogor, Jawa Barat, mengembangkan perkebunan sayur hidroponik sebagai salah satu materi pembelajaran bagi para siswa.

'Kebun sayur hidroponik ini sudah didirikan sejak satu tahun lalu. Selain untuk membudidakan sayuran organik, juga untuk pembelajaran bagi para siswa,' kata Ketua Yayasan Yasmina, pendiri Sekolah Alam Kreativa, Iis Istiqama, di sela-sela peluncuran lokasi baru Sekolah Kreativa di Kota Bogor, Minggu.

Iis menyebutkan kebun sayur hidroponik berada di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Keranji, Kecamatan Tanah Sareal.

Kebun hidroponik tersebut berada di dalam bangunan yang terbuat dari terpal putih seperti rumah kaca.

'Di kebun ini kita mengenalkan kepada siswa apa itu tanaman hidpronik, disini siswa bisa belajar berkebun di dalamnya,'' katanya.

Sementara itu, petugas pengelola kebun hidroponik Sekolah Kreativa, Toni (52) menyebutkan, ada tiga jenis sayuran yang ditanam di kebun hidropronik tersebut yakni Cesin, Bayam dan Kangkung.

'Hidroponik itu, tanaman yang ditanam tidak diatas tanah, tapi diatas wadah rak yang material tumbuhnya menggunakan sekam, dan pupuk organik,' katanya.

Ia mengatakan, terdapat delapan rak hidroponik yang digunakan untuk menanam sayuran tersebut.

Sayuran yang ditanam mengggunakan pupuk organik berupa kotoran hewan sehingga sayuran yang dihasilkan merupakan sayur organik.

'Sayur-sayur sudah ada yang dipanen, hasil panen baru di jual di lingkungan yayasan saja,' katanya.

Toni menambahkan, rencananya akan dikembangkan dengan menambah jenis tanaman sayur yang akan ditanam seperti tomat, came dan lainnya.

'Ini mesti belajar dulu dari salah satu guru Sekolah Kreativa yang mengajarkan berkebun di hidroponik,' ujarnya.

Sejumlah siswa SD Kreativa mengaku menyukai pendidikan bercocok tanam yang menurutnya bisa belajar sambil bermain.(ant/rd)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.