Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sembilan Wilayah Kabupaten Malang Rawan Bencana

malang, rawan bencana

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 503

Sedikitnya sembilan titik wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun.

"Selain kesiagaan TRCPB, kami juga membentuk tenaga Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Tenaga ini berasal dari penduduk desa setempat dari berbagai kalangan," ujarnya.

Sembilan wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Malang itu di antaranya adalah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan di kawasan Malang Selatan yang rawan banjir serta Kasembon, Pujon dan Ngantang di wilayah Malang Barat yang rawan longsor.

Sejumlah wilayah di kawasan Malang Selatan itu memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Sedangkan di Malang Barat karena lokasinya adalah perbukitan dan pegunungan.

Selain PMI dan TCRPB yang sudah siaga, Taruna Siaga Bencana (Tagana) daerah itu juga siap menerjunkan 115 personelnya ke titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang.

Kesiapan Tagana tersebut meliputi tenaga personel terlatih, kesiapan logistik, medis, obat-obatan dan perlengkapan darurat penanggulangan bencana.

Selain itu, juga menyiapkan shelter bagi tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda untuk dapur umum, tenda peleton, tenda regu, matras pengungsi, terpal serta genset listrik.

"Kami menyiapkan semuanya secara maksimal termasuk armada untuk evakuasi korban, seperti truk evakuasi, perahu dholpin, mobil ranger dan alat komunikasi. Kami juga siap siaga jiga dibutuhkan sewaktu-waktu, tidak hanya di Malang, tapi seluruh wilayah di Jatim," kata anggota Tanaga Kabupaten Malang Twi Adi Wijaya. (ant/as)

Serikat Pekerja Indonesia Desak Presiden Hentikan GTO

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) mendesak Presiden Joko Widodo untuk memerintahkan PT Jasa Marga (Persero) guna menghentikan pelaksanaan gardu tol otomatis (GTO) di seluruh Indonesia karena berdampak di PHK-nya ribuan pekerja tol.

Penerbangan Rute Biak-Nabire Terisi 80 Persen

Rata-rata 80 persen dari 70 jumlah seat penumpang angkutan udara penerbangan ATR72-600 rute Biak-Nabire-Timika-Jayapura yang telah dioperasikan PT Garuda Indonesia Biak-Nabire-Timika-Jayapura setiap keberangkatan terisi.

Kopertis XIV-Garuda Kerja Sama Transportasi Udara

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta XIV Papua dan Papua Barat menyepakati kerja sama (MoU) dengan manajemen PT Garuda Indonesia Kabupaten Biak Numfor dalam pemenuhan layanan transportasi udara untuk perjalanan kedinasan dalam dan luar negeri.

Tanjung Emas Harus Jadi Pusat Maritim

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang harus menjadi pusat maritim di Indonesia.

Bandara Notohadinegoro Jember Tidak Terdampak Abu Bromo

Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tidak terdampak abu vulkanis Gunung Bromo sehingga aktivitas penerbangan komersial di bandara tersebut tetap berjalan normal.