Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sleman Kekurangan Guru Komputer Dan Bahasa Inggris

sleman, yogyakarta, kekurangan guru, tunjangan profesi

Posted on 08 Feb 2013. Hits : 394

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jumat masih kekurangan guru bidang komputer dan pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP dan SMA.

"Selain itu, kami juga masih kekurangan guru kelas untuk sekolah dasar (SD) dan guru bidang pendidikan jasmani dan kesehatan untuk SD," kata Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Tri Pujantoro.

Menurut dia, kekurangan guru untuk guru mata pelajaran komputer di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 30 orang dan mata pelajaran Bahasa Inggris 24 orang.

"Sedangkan kekurangan untuk guru kelas SD sebanyak 240 orang, guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD 190 orang," katanya.

Pada sisi lain, lanjut dia, untuk guru mata pelajaran IPA, IPS, PKN, dan Bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA jutru kelebihan.

"Selain itu, guru taman kanak-kanak juga kelebihan karena TK negeri di Sleman hanya ada lima sekolah, tetapi jumlah gurunya mencapai 700 orang sehingga sisanya diperbantukan ke TK swasta," katanya.

Tri Pujantoro mengatakan, meskipun ada kelebihan guru pada mata pelajaran tertentu, tidak bisa langsung dipindah karena untuk jenjang guru SMP dan SMA itu ada sertifkat pendidik yang berkaitan dengan tunjangan profesi.

"Kekurangan guru itu menjadi persoalan yang dilematis. Di satu sisi, sekolah tidak boleh mengangkat guru honorer. Namun, di sisi lain, sekolah dituntut menyediakan pendidik. Akhirnya sekolah tetap mengangkat guru horoner untuk memenuhi tenaga pendidik meskipun sekolah tahu itu menyalahi aturan," katanya.

Ia mengatakan, jika sekolah tidak menyediakan, juga salah karena dalam undang-undang sekolah wajib melayani pendidikan.

"Permasalah sekolah pendidikan dasar juga belum selesai di situ. Dalam memberikan honor atau gaji, aturan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang mengisyaratkan tidak leluasa mengangkat guru honorer," katanya.(ant/rd)

HIPMI Usulkan Pemerintah Mengalokasikan KUR Sektor Kedokteran

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI ) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan pemerintah pusat untuk mengalokasikan kredit usaha rakyat (KUR) pada sektor kedokteran, sehingga bisa bersinergi dengan berbagai pihak dalam menciptakan jumlah pengusaha di Indonesia.

Sriwijaya Air Ingin Ada Penambahan Pilot Wanita

PT Sriwijaya Air menginginkan ada penambahan pilot wanita melalui bertambahnya lulusan penerbang wanita dari pendidikan National Aviation Management (NAM) Flying School, anak perusahaan Sriwijaya Group.

Mata Uang Terkait Komoditas Menguat Setelah OPEC Sepakati Pembatasan Produksi

Mata uang yang terkait dengan komoditas menguat pada Kamis, setelah OPEC sepakat untuk memangkas produksi minyak mereka, kesepakatan pertama sejak 2008, yang mendorong harga minyak naik tajam.

Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Bencana Banjir di Garut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanganan pada masa tanggap darurat bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat (Jabar).

OPEC Gelar Pertemuan Informal Untuk Tingkatkan Pasar

Sebuah pertemuan informal anggota Organisasi Negara-negara Penghasil Minyak (OPEC) dimulai di Aljir, Aljazair, pada Rabu dengan harapan bisa mencapai konsensus dalam menstabilkan pasar minyak yang jatuh.