Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tanjungpinang Tertibkan Ratusan PKL

pkl, tanjung pinang, pedagang, kaki lima

Posted on 07 Apr 2013. Hits : 428

Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau akan menertibkan sebanyak 119 pedagang kaki lima yang menggunakan badan jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Agus Salim sebagai tempat berjualan.

"Penataan tempat penjualan mulai dari depan SMUN 5 hingga di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah dilakukan mulai besok sore," kata Kepala Satuan Pamong Praja Tanjungpinang Surjadi, Minggu.

Penertiban dilakukan setelah beberapa hari lalu Gubernur Kepri HM Sani menyinggung tidak tertatanya penjualan makanan dan mainan di sekitar Tepi Laut, Jalan Agus Salim. Sani mengibaratkan Tanjungpinang sebagai "kota seribu kursi", karena banyak kursi di sepanjangan Tepi Laut.

"Kami merespons positif pernyataan gubernur," ujarnya.

Surjadi mengemukakan, pemerintah tidak melarang pedagang kaki lima untuk berjualan, melainkan hanya menata agar tempat penjualan tidak mengganggu arus lalu lintas dan tidak merusak keindahan Tanjungpinang.

"Yang kami lakukan ini adalah penataan, sehingga seluruh pedagang diakomodir untuk berjualan di tempat yang disiapkan pemerintah. Kami menyiapkan beberapa tempat yang representatif di Tepi Laut," ungkapnya.

Relokasi terpaksa dilakukan, namun masih di bawah jembatan Monumen Raja Haji Fisabilillah. Lapak untuk masing-masing pedagang kaki lima diputuskan berdasarkan hasil undian.

"Pekan lalu seluruh pedagang kaki lima telah mengambil undian. Undian itu menentukan tempat mereka menjajakan barang dagangannya," katanya.

Ia menambahkan, setiap pedagang hanya dibenarkan memiliki empat meja dan 20 kursi di sekitar tempat jualannya. Mereka baru mulai berjualan pukul 15.00 WIB.

"Kalau sekarang masih kita temukan satu pedagang memiliki puluhan meja dan ratusan kursi di trotoar. Tetapi mulai besok, itu tidak dibenarkan," ungkapnya. (ant/as)

DPRD: Pembentukan Dinas Kebudayaan Optimalkan Dana Keistimewaan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pembentukan Dinas Kebudayaan di lingkungan pemeritah setempat mampu mengoptimalkan anggaran dana keistimewaan.

Desa Anggarkan Rp5 Juta Untuk Website

Desa di Kabupaten Jembrana, Bali, menganggarkan Rp5 juta untuk pembuatan website.

Robusta Bengkulu Masuk Semifinal Kopi Spesial

Kopi robusta dari Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu masuk dalam semifinal Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) atau "Indonesia Cupping Competition" yang digelar Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) di Jakarta.

Dishubkominfo Bulungan: Infrastruktur Jalan Kurang Memadai

Sejak menjadi Ibu Kota Provinsi Kaltara, perkembangan Tanjung Selor mulai terlihat, dimulai dari bertambahnya gedung perkantoran hingga jumlah kendaraan.

Ratusan Pemohon e-KTP Bekasi Memprotes Penyetopan Layanan

Ratusan pemohon perekaman kartu tanda penduduk elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jawa Barat, memprotes pemberhentian layanan akibat pemadaman listrik, Selasa.