Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tentara Thailand : Pengalaman Terbang di Tengah Asap

royal thai air force, latihan perang bersama, tni, kabut asap riau, pekanbaru

Posted on 27 Jun 2013. Hits : 414

Petinggi Tentara Angkatan Udara Kerajaan Thailand (Royal Thai Air Force/RTAF) menganggap suatu pengalaman berharga bisa latihan perang bersama TNI ditengah kabut asap tebal yang "mengepung" Pekanbaru, Riau.

"Saya belum pernah terbang di tengah kabut asap, karena keadaan di Thailand tidak pernah seperti ini. Jadi suatu pengalaman bisa latihan bersama Tentara Indonesia ditengah kabut asap sekarang," kata Direktur Latihan dari Angkatan Udara Kerajaan Thailand, Kolonel Napadej dalam jumpa persnya di Lapangan Udara (Lanud) Markas TNI AU Roesmin Nurdjadin Pekanbaru, Kamis.

Napadej juga mengaku bangga bisa latihan bersama dengan pasukan penerbangan dari TNI Angkatan Udara yang berpengalaman dan memiliki strategi penerbangan yang luar biasa.

Kolonel Penerbangan (Pnb) Ismet Ismaya Saleh selaku Kepala Pembantu (Paban) III Staf Operasi Mabes TNI AU yang juga merupakan delegasi untuk latihan bersama Tentara Thailand dikesempatan sama mengatakan, latihan penerbangan dengan menggunakan pesawat tempur ini dilaksanakan untuk meningkatkan hubungan antar-negara khususnya Thailand yang memang sudah sejak lama terjali.

"Ada empat pesawat Alpha Jet milik Angkatan Udara Thailand beserta pilotnya yang akan terbang bersama dengan para pilot pesawat Hawk 100/200 milik TNI AU selama beberapa hari kedepan. Sejauh ini masih berjalan lancar dan tidak terganggu kabut asap," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan yang berlanjut dan terprogram setiap tahunnya.

Selain latihan tempur dengan menggunakan pesawat canggih, demikian Ismet, TNI bersama Tentara Thailand juga sempat berulangkali menggelar latihan bersama dengan menggunakan helikopter dan pesawat angkutan sejenis pesawat herkules.

"Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk membangun suatu kerjasama melakukan satu operasi bersama yang memang begitu penting untuk dilaksanakan," kata Kolonel Ismet.

Hubungan masing-masing kesatuan menurut dia adalah sangat penting untuk menjagat atau mempererat kerjasama yang memang sudah berlangsung sejak 40 tahun.

"Tidak hanya dengan Thailand, latihan bersama secara rutin juga terus dilakukan dengan negara-negara tetangga lainnya seperti Malaysia dan Singapura," katanya.

Khusus untuk Thailand, demikian Kolonel Ismet, negara tetangga ini sangat perhatian sekali dengan TNI, karena Indonesia dianggap sebagai salah satu negara terbesar di Asia Tenggara yang memiliki kultur budaya yang hampir sama.

"Nantinya, kegiatan latihan bersama yang telah terlaksana sejak beberapa hari ini, akan ditutup dengan Kepala Staf TNI Angkatan Udara dan Kepala Staf Tentara Angkatan Udara Kerajaan Thailand," katanya. (ant/ed)

Ahmad Hijazi Diangkat Sebagai Sekda Riau

Presiden RI Joko Widodo menetapkan Ahmad Hijazi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Riau melalui Keputusan Presiden (kepres) nomor 73/TPA Tahun 2016 tentang Pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kelompok Tani Alami Krisis

Para petani sawah lahan pasang surut di Lahimbua, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan bantuan pemerintah setempat maupun pemerintah pusat untuk mengolah lahan mereka.

Perambahan Liar Akibatkan Krisis Air

Yayasan Kanopi Bengkulu menyatakan kerusakan hutan lindung Bukit Daun akibat perambahan liar di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, yang mencapai 3.

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Merangkak Naik

Harga sapi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melonjak signifikan antara Rp1 juta hingga Rp5 juta dua minggu setelah Lebaran 2016.

Menjadi Tren Dunia, Wisata Kuliner Akan Hadir di Pulau Dewata

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Denpasar ingin menggarap wisata gastronomi atau wisata kuliner yang potensial di Ibu Kota Provinsi Bali itu.