Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Upah Minimum Kota Manado 2013 Diperkirakan Naik

disnaker, sulawesi utara, manado

Posted on 20 Nov 2012. Hits : 1773

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manado Atto Bulo mengatakan, Upah Minimum daerah tersebut untuk tahun 2013 diperkirakan mengalami kenaikkan.

"Kami memang masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Utara mengenai UMP, tetapi kemungkinan besar akan naik dibandingkan tahun ini," kata Bulo, di Manado, Selasa.

Bulo mengatakan, berapa besar nilainya akan naik, harus menunggu SK gubernur, karena Manado tidak boleh mandahului keputusan dari pemerintah provinsi.

"Kami harus menunggu, sebab Manado masih mengikuti UMP provinsi, jadi berapa yang ditetapkan itu yang akan kami ikuti untuk diberlakukan oleh seluruh perusahaan di kota ini," kata Bulo.

Bulo mengatakan, hingga pertengahan November 2012 ini, dewan pengupahan memang masih menghitung berapa KHL sesuai dengan standar hidup minimum untuk pekerja yang sudah berkeluarga.

Bulo menjelaskan, hingga penghujung 2012 ini, Manado belum memiliki UMP sendiri, dan masih tetap mengacu pada upah yang ditetapkan oleh provinsi melalui SK gubernur sebagai kepala daerah.

"Manado belum punya dewan pengupahan, jadi yang kami lakukan adalah mengikuti ketetapan dari provinsi," kata Bulo.

Salah satu wakil rakyat dari DPRD Manado Amir Liputo mengatakan, UMP itu ditetapkan berdasarkan KHL, jadi berapa besar kebutuhan masyarakat, itulah yang seharusnya ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

"Kami yakin nantinya itulah yang akan ditetapkan oleh gubernur, karena rekomendasi dari dewan pengupahan itu sudah melalui pembahasan bersama pengusaha wakil pemerintah dan wakil pekerja, jadi tak aka ada yang dirugikan," kata Liputo.

Pada 2012 ini, gubernur Sulut menetapkan UMP sebesar Rp1.250.000 dan diberlakukan merata untuk semua kabupaten dan kota di provinsi.(ant/ev)

Terkait Narkoba, Ketua Parfi Gatot Brajamusti Diamankan

Kepolisian Resor Mataram, Nusa Tenggara Barat, sedang menangani kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu oleh Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) AA Gatot Brajamusti yang tertangkap pada Minggu (28/8) malam di salah satu hotel ternama di daerah itu.

Baznas Sediakan Layanan Kurban Daring

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyediakan layanan kurban daring untuk memudahkan masyarakat yang ingin berkurban lewat program Kurban Digital.

14.680 Kosmetik Berbahaya Disita di Ambon

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku pada Januari hingga Agustus 2016 telah mengamankan sebanyak 14.

Polisi Tangkap Ketua Parfi Gatot Brajamusti Terkait Narkoba

Kepolisian Resor Mataram, Nusa Tenggara Barat, sedang menangani kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu oleh Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) AA Gatot Brajamusti yang tertangkap pada Minggu (28/8) malam di salah satu hotel ternama di daerah itu.

Menteri Yohana Minta Penjualan Rokok Dibatasi

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S Yembesi mengatakan, rencana kenaikan harga rokok perlu kajian mendalam terutama dampaknya.