Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Anggaran Kementerian/lembaga 2014 Melebihi Rp540 Triliun

anggaran belanja, resource envelope

Posted on 12 Mar 2013. Hits : 269

Anggaran belanja untuk kementerian/ lembaga pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2014 diperkirakan mencapai lebih dari Rp540 triliun, kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

"Nantinya tentu belanja K/L dalam APBN 2014 akan lebih tinggi dari Rp540 triliun," kata Agus di Jakarta, Senin.

Menurut dia, akan ada sejumlah anggaran untuk kementerian/lembaga yang tidak dimasukkan ke dalam persediaan anggaran (resource envelope). "Itu tujuannya agar anggarannya benar-benar akan tersedia," katanya.

Terkait hal ini, Kementerian Keuangan sedang berkoordinasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Sekarang resource envelope-nya sedang dalam finalisasi dan ini yang kami confirm bersama dengan Bappenas," katanya.

Anggaran khusus tersebut akan disampaikan Presiden dalam bentuk nota keuangan kepada DPR pada 16 Agustus 2013.

"Nanti pada saat nota keuangan, Presiden akan menyampaikan anggaran khusus itu kepada DPR. Namun anggaran itu tidak dimasukkan ke dalam resource envelope untuk meyakinkan bahwa untuk anggaran tersebut tersedia," katanya.

Sementara anggaran khusus tersebut di antaranya digunakan untuk pemilu, belanja kenaikan gaji pegawai, dan untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).(ant/rd)

KPAI Dorong Pemidanaan Pelaku Perzinaan

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mendorong upaya pemidanaan pelaku perzinaan dan pencabulan, termasuk sesama jenis.

Penyandang Disabilitas Gunung Kidul Belum Menerima Haknya

Penyandang disabilitas di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih belum menerima haknya sebagai warga negara, salah satu program yakni jaminan kesehatan dari pemerintah.

Bawa Bekal Sekolah Asah Kreativitas Orang Tua

Membawa bekal ke sekolah tak hanya memastikan anak mendapatkan makanan yang higienis tetapi juga mengasah kreativitas orang tua dalam menyajikan makanan pada anak, demikian dikatakan Manajer Pemasaran PT Thermos Indonesia Andriani Melissa.

Penggemar Burung Kicau

Sejumlah calon pembeli sedang mengamati beragam jenis burung di salah satu pasar burung di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Farhan Siki Siapkan Karya Ikuti Artissima 2016

Perupa mural Farhan Siki sedang mempersiapkan karya untuk mengikuti proyek Artissima 2016 yang digelar di Torino, Italia, pada November.