Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

Kemkes Gelar Periksa Deteksi Kanker Mata Gratis

Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis pada 200 anak dalam memperingati Hari Kanker Anak Dunia yang jatuh pada 22 Februari.

Pemkab Tangerang Ukur Ulang 26 Situ Rusak

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pengukuran ulang terhadap 26 situ (rawa) yang rusak untuk dilakukan normalisasi.

Strategi Kemenperin Dongkrak Industri Padat Karya

Produk industri dalam negeri dipacu agar lebih berdaya saing agar mampu menjadi pemenang perdagangan di kancah global sehingga Kementerian Perindustrian mengusulkan insentif berupa pemotongan pajak penghasilan (PPh) untuk industri padat karya yang berorientasi ekspor.

Jatim Akan Luncurkan "e-Smart Samsat"

Pemerintah Provinsi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meluncurkan program "e-Smart Samsat" untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Heryawan Instruksikan Moratorium Izin Pembangunan Kawasan Banjir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menyetop seluruh perizinan pembangunan di seluruh kawasan rawan banjir mulai 2017.