Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hatta: Indonesia Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

kekuatan ekonomi dunia, ikatan mahasiswa muhammadiyah

Posted on 03 Mar 2013. Hits : 387

Indonesia berpotensi menjadi negara yang masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 berdasarkan pada studi dan potensi yang ada, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

"Peluang kita besar, dari studi McKinsey dan potensi-potensi yang ada menunjukkan bahwa Indonesia pada 2025 berpeluang jadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia," kata Hatta dalam Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Denpasar, Bali, Sabtu.

Pendapatan per kapita Indonesia pada saat ini mencapai 3.800 dolar AS, naik pesat dari 500 dolar AS pada 1998. Indonesia kini menduduki peringkat ke-17 dalam negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2025 mendatang, Hatta memperkirakan masyarakat kelas menengah akan berjumlah 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi dan tingkat konsumsi mencapai 1,8 triliun dolar AS. "Tahun 2025 middle class akan tumbuh menjadi 135 juta jiwa dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal SDM dan SDA yang besar. Namun kedua sumber daya ini harus diolah agar bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Salah satu kunci untuk kemajuan bangsa, menurut dia, adalah dengan berhenti menjual bahan mentah ke luar negeri, melainkan harus diolah di dalam negeri. "Kuncinya berhentilah menjual bahan mentah," katanya.

Kebiasaan menjual bahan mentah tidak bisa membuat bangsa menjadi unggul tetapi hanya dimanfaatkan oleh negara lain.(ant/rd)

KAI Uji Coba Kereta Ekonomi Baru Rasa Eksekutif

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggelar uji coba kereta api baru jurusan Surabaya Gubeng-Pasar Senen Jakarta, dengan total kapasitas 800 tempat duduk dan 10 rangkaian kereta.

Pelayaran Meulaboh--Sinabang Resmi Dibuka

Pemerintah telah resmi membuka pelayaran Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menuju Sinabang Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, dengan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang tiga hari dalam satu minggu.

Produk Industri Kosmetika Jadi Andalan Ekspor

Industri kosmetika menjadi salah satu industri andalan yang mampu membukukan neraca perdagangan dalam posisi surplus hingga sekitar 90 persen.

Furnitur Asal Indonesia Terkenal di Uzbekistan

Furnitur yang berasal dari Indonesia termasuk produk yang terkenal dan diminati di Uzbekistan karena memiliki kualitas dan disain yang menarik.

Pusamania Borneo FC Tambah Dua Pemain Anyar

Kesebelasan Pusamania Borneo FC ( PBFC) berencana menambah dua pemain baru menjelang digulirkannya putaran kedua kompetisi Torabika Soccer Championship ( TSC) 2016.