Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

LPDP KEMENKEU Targetkan 1.455 Penerima Beasiswa

lembaga pengelola dana pendidikan, kementerian keuangan, penerima beasiswa

Posted on 19 May 2013. Hits : 360

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2013 menargetkan 1.455 orang penerima beasiswa untuk jenjang magister dan doktor dari berbagai program studi.

'Saat ini yang mendaftar sekitar 8.900-an, yang memenuhi syarat sekitar 1.900-an, target kami memberangkatkan sekitar 1.500,' ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin dalam pemaparan di Bandung, Sabtu.

LPDP merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di Kemenkeu yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengembangannya dalam bentuk berbagai program pendidikan.

Lembaga yang terbentuk pada 2012 ini memiliki program layanan beasiswa, pendanaan riset dan dana cadangan untuk rehabilitasi fasilitas pendidikan serta pengelolaan dana pengembangan pendidikan nasional (investasi).

Ki Agus mengatakan LPDP akan memberikan beasiswa bagi generasi muda untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang saat ini harus ditingkatkan kualitasnya agar tidak kalah bersaing dengan negara lain.

'Kami ingin LPDP ini membentuk atau menghasilkan pemimpin. Syaratnya pemimpin ini punya pendidikan yang baik yaitu S2 dan S3. Kesempatan ini akan diberikan kepada seluruh anak bangsa,' ujarnya.

Saat ini, LPDP memiliki dana kelolaan sebesar Rp15,6 triliun. Lembaga itu menargetkan dana kelolaan sebesar Rp40 triliun dalam beberapa tahun mendatang, dengan target pemberian beasiswa kepada 10.000 orang.

'Kalau uang lembaga ini sudah Rp40 triliun, diharapkan bisa membiayai 10 ribu anak bangsa. Kami harapkan ini terus berkembang,' ujar Ki Agus.

Ia mengatakan LPDP juga menerima bantuan dari lembaga multinasional maupun lembaga donor lain untuk ikut terlibat dalam program pendidikan ini, asalkan bantuan tersebut tidak mengikat secara politik atau lainnya.

Sejak pendaftaran beasiswa dibuka pada pertengahan Maret 2013, total pendaftar untuk program yang ditawarkan LPDP adalah 8.924 orang dengan keseluruhan yang melengkapi dokumen 1.957 orang.(ant/rd)

Menkeu Upayakan Pencapaian Target Penerimaan Pajak 2016

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengupayakan pencapaian target penerimaan pajak sebesar Rp1.

Kemenkeu Gandeng Apkasi Bahas RUU Keuangan

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia merespon positif rencana Kementrian Keuangan RI menggandeng Apkasi dalam pembahasan Rancangan Undang-undang yang akan memperbaharui hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Lima Dubes Siap Hadiri PBN Pekalongan

Lima duta besar negara sahabat menyatakan siap hadir pada pembukaan Pekan Batik Nusantara (PBN) di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan dijadwalkan 4 Oktober 2016.

Akun Medsos Harus Didaftarkan ke KPU DKI

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengingatkan setiap bakal calon gubernur dan wakil gubernur setempat atau partai politik pendukung untuk mendaftarkan akun media sosial mereka ke Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta "Setiap paslon boleh juga parpol bikin akun khusus, boleh juga gabungan partai bikin akun khusus dan semuanya harus didaftarkan di KPU DKI Jakarta," kata Ketua Pokja Kampanye DKI Jakarta, Dahlia Umar di Kantor KPU DKI Jakarta, Sabtu.

E-Warong Terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota

Direktur Pengembangan Bisnis Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) akan terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota (RPK).