Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Nilai Tukar Rupiah Lanjutkan Pelemahan

nilai tukar rupiah, kurs, dolar as, rupiah

Posted on 28 May 2013. Hits : 301

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa pagi kembali melanjutkan pelemahan ke posisi Rp9.830 per dolar AS didorong oleh pelaku pasar uang yang masih cenderung memburu mata uang "safe haven".

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 32 poin menjadi Rp9.830 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.798 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa kondisi global yang masih melambat perbaikannya mendorong mata uang "safe haven", yakni dolar AS diburu investor sehingga menguatkan nilainya.

"Sentimen positif dari dalam negeri, seperti ekonomi Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan terhalangi oleh sentimen dari eksternal sehingga rupiah cenderung negatif," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diperkirakan dapat menjadi sentimen positif bagi nilai tukar domestik ke depannya.

"Diharapkan naiknya BBM subsidi dapat mengurangi defisit neraca pembayaran Indonesia sehingga ke depan nilai tukar rupiah kembali positif," kata Ruly.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) juga masih menjaga nilai tukar domestik sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengemukakan bahwa nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikan dan cenderung melemah setelah merespons positifnya beberapa data-data AS.

"Beberapa data positif AS memberikan sentimen yang baik pula untuk mata uangnya. Namun, di sisi lain, penguatan dolar AS terhalangi dengan penguatan mata uang yen," kata dia. (ant/as)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.