Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

PDRB DIY Diproyeksikan Tumbuh 5,61 Persen

pdrb, produk domestik regional bruto, bank indonesia diy, yogyakarta

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 2095

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta memproyeksikan Produk Domestik Regional Bruto daerah setempat mengalami pertumbuhan 5,61 persen dengan nilai Rp 24,68 triliun pada 2013.

"Kami optimistis Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mencerminkan pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta akan tumbuh 5,61 persen tahun ini,"kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Mahdi Mahmudy di Yogyakarta, Selasa.

Dia mengatakan proyeksi tersebut tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini yang diproyeksi 6,4 persen.

Perkiraan tersebut kata dia, lebih besar dibanding proyeksi PDRB DIY tahun 2012 yang mencapai 5,60 persen dengan nilai Rp23,369 triliun.

Menurut Mahdi, pertumbuhan PDRB pada 2012 merupakan pertumbuhan terbaik selama sepuluh tahun terakhir di DIY.

"Proyeksi 2012 sebesar 5,60 persen sudah merupakan angka yang paling menggembirakan selama kurun waktu 10 tahun terakhir di DIY dan tahun ini diharapkan lebih baik lagi,"katanya.

Sementara pertumbuhan PDRB 2013, kata dia, utamanya akan ditunjang dengan semakin bertumbuhnya sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR) yang selama 2012 memberikan kontribusi sebesar Rp4.908 miliar.

"Pertumbuhan PHR yang menggembirakan tahun ini akan semakin mendukung meningkatnya PDRB DIY 2013 yang merupakan sektor yang berkontribusi paling besar pada 2012,"katanya.

Selain itu faktor pendukung lainnya, menurut dia, adalah terjadinya kenaikan upah minimum regional (UMR) serta gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini yang secara tidak langsung akan membawa dampak peningkatan daya beli masyarakat.

Sementara itu, kata dia, untuk sektor pertanian memang turut memberikan kontribusi terhadap PDRB namun cenderung bersifat fluktuatif tergantung musim.

Krisis global di Amerika dan Eropa yang diperkirakan akan sedikit memulih tahun ini, tambah dia, juga akan memberi dampak positif bagi sektor pengusaha furnitur di DIY sehingga juga diprediksi turut mendorong pertumbuhan PDRB DIY tahun ini.(ant/ed)

Pemerintah Siapkan Perubahan Dokumen Reklamasi

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan posisi terakhir proyek reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta adalah pengembang sedang menyiapkan perubahan dokumen lingkungannya.

Satelit NASA Deteksi 10 Hotspot di Sumatera

Satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendeteksi 10 hotspot atau titik panas terdapat di daratan Sumatera.

Jakarta Perlu Pembangunan Kawasan Utara

Pakar Teknologi Lingkungan Firdaus Ali, menilai Jakarta memerlukan pembangunan kawasan pantai utara untuk memberikan manfaat strategis, pengembangan dan pemenuhan kebutuhan penduduk yang terus meningkat.

Kontras Kritik Penggusuran Berkedok Relokasi

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengkritik cara-cara penggusuran berkedok relokasi yang dinilai tidak manusiawi.

Purwarupa Mobil UGM Berbahan Bakar Organik Juara

Purwarupa atau prototipe mobil Universitas Gadjah Mada (UGM) berbahan bakar organik berhasil menjadi juara 1 kategori poster pada ajang Chem-E-Car di Adelaide University, Australia pada 27-28 September 2016.