Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menlu: Prancis Beri Oposisi Suriah Kit Anti-Gas Sarin

oposisi suriah, kit pengobatan, efek gas saraf sarin, laurent fabius

Posted on 23 Jun 2013. Hits : 194

Prancis telah memberikan oposisi Suriah dengan kit pengobatan terhadap efek gas saraf sarin mematikan, kata Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius kepada wartawan di Doha, Sabtu.

Prancis telah mengirimkan 'pengobatan yang dapat melindungi seribu orang,' kata Fabius setelah pertemuan 'Sahabat Suriah' di Qatar.

'Ini mengatakan banyak tentang kerusakanyang telah disebabkan (Presiden Suriah) Bashar al-Assadkepada rakyat,' kata Fabius.

Sarin, gas saraf mematikan yang Amerika Serikatkatakan bahwa rezim Suriah telah gunakan untuk melawan pasukan pemberontak, dikembangkan oleh para ilmuwan Nazi pada tahun 1938.

Awalnya dipahami sebagai pestisida, sarin digunakan oleh rezim diktator Irak Saddam Husseinkepada ribuan warga Kurdi di sebelah utara kota Halabja pada tahun 1988.

Awal bulan ini Fabius mengatakan bahwa para ahli telah membawa sampel yang dianalisis kembali dari Suriah dan menyimpulkan bahwa agen saraf yang mematikan telah digunakan beberapa kali. Inggris telah menggemakan sambutannya.

PertemuanSabtukelompok 'Sahabat Suriah' setuju untuk menawarkan bantuan militer kepada pemberontak di negara yang sedang dilanda perang itu, saat loyalis membuat keuntungan nyata di medan perang.

Para menteri dari Inggris, Mesir, Prancis, Jerman, Italia, Yordania, Qatar, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat menghadiri pembicaraan.(ant/rd)

Legislator: Rokok Mahal Kendalikan Konsumsi Generasi Muda

Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin menyatakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau yang membuat harga rokok mahal akan mengendalikan konsumsi generasi muda dan memberikan dampak positif pada masa depan.

Pengelolaan Hutan Jangan Dijadikan Kepentingan Ekonomi

Peneliti Ekonomi Kehutanan Pusat Peneliti dan Pengembangan Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ismatul Ismail menyatakan pengelolaan hutan jangan dijadikan kepentingan ekonomi sehingga bisa merusak kelestarian hutan.

Gempa Runtuhkan Bangunan di Italia Tengah, Enam Diperkirakan Tewas

Gempa berkekuatan besar menghacurkan sejumlah bangunan di Italia tengah pada Rabu dinihari, menjebak penduduk dan menyebabkan warga lain melarikan diri, dengan setidak-tidaknya enam orang diperkirakan tewas.

KPK Dorong Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong pemerintah daerah memperbaiki tata kelola pemerintah dengan menerapkan praktik terbaik (best practice) khususnya bidang perencanaan dan pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa serta pelayanan perizinan.

Sumatera Selatan Dongkrak Konsumsi Ikan Masyarakat

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan mendongkrak konsumsi ikan masyarakat dengan menggencarkan gerakan makan ikan (Gemarikan) di setiap kabupaten/kota.