Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

383 Calon Haji DIY Tunda Keberangkatan

383, calon haji, keberangkatan, tunda

Posted on 04 Jul 2013. Hits : 335

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan sebanyak 383 calon haji 2013 dari provinsi ini akan mengalami penundaan keberangkatan ke Tanah Suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nuruddin di Yogyakarta, Kamis, mengatakan penundaan tersebut berdasarkan permintaan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan renovasi Masjidil Haram.

"Pemerintah Arab Saudi meminta seluruh negara di dunia untuk memotong kuota calon haji tahun ini sebanyak 20 persen, yang kemudian diberangkatkan pada tahun depan," katanya.

Nuruddin mengatakan kuota calhaj untuk DIY sebelumnya telah ditentukan sebanyak 3.068 orang.

Sementara itu, yang telah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebanyak 2.838 orang. Sehingga dengan pemotongan kuota 20 persen, pemberangkatan hanya untuk 2.455 orang.

"Dengan pemotongan kuota 20 persen, maka sebanyak 383 calon haji berstatus lunas tunda, dan akan diberangkatkan pada 2014," katanya.

Namun demikian, kata dia, terkait nama-nama yang akan dikenai penundaan hingga saat ini belum ditentukan.

Penentuan nama yang akan ditunda keberangkatannya, menurut dia masih menunggu keputusan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI.

"Angkanya memang sudah jelas. Namun, siapa yang akan mengalami penundaan, kami belum tahu. Diperkirakan sudah ada keputusan dari Dirjen pada pekan depan," katanya.

Terkait penundaan tersebut, ia mengimbau kepada calhaj yang nantinya akan ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci agar siap dan menerima keputusan itu.

Sebab, kata dia, penundaan tersebut juga terkait dengan kenyamanan calhaj dalam melaksanakan ibadah haji.

"Saya minta bagi yang nanti pemberangkatannya ditunda tahun 2014, agar mengikhlaskan dan bersabar. Misalkan pada 2014 ada kenaikan BPIH, mereka tidak akan dikenai biaya tambahan," katanya.

Besaran BPIH 2013 sesuai Peraturan Presiden telah ditentukan sebesar 3.542 dolar AS.

Jumlah tersebut menurun dari BPIH 2012 yang masih sebesar 3.617 dolar AS.(ris/ant)

Petinju Indonesia Tibo Monabesa Perebutkan Gelar Juara Dunia WBC

Petinju Indonesia Tibo Monabesa akan menghadapi petarung Filipina Rene Patilano Sabtu (21/1) mendatang untuk memperebutkan sabuk WBC Silver Internasional pada kelas terbang ringan, sekaligus memperbaiki peringkat sebagai syarat ikut serta memperebutkan sabuk juara dunia.

Sylviana Diperiksa Selama 7,5 Jam

Mantan Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni diperiksa selama 7,5 jam sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana bansos Pemprov DKI Jakarta di Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015.

OCBC NISP Tawarkan Kartu Kredit Untuk Kelas Menengah Atas

Bank OCBC NISP menawarkan kartu kredit "Voyage" bagi kalangan menengah atas seperti pemilik bisnis, para profesional dan eksekutif untuk memenuhi kebutuhan nasabah premium secara eksklusif.

Menelusuri Jejak Kesultanan Sambas

Istana Alwatzikhoebillah Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang didominasi warna kuning menyala, masih cukup kokoh berdiri.

Museum Goedang Ransoem Alami Revitalisasi

Dinas Kebudayaan Peninggalan Sejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) merevitalisasi salah satu bangunan cagar budaya di kota itu, Museum Goedang Ransoem, pada 2017.