Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dewan Pengupahan NTB Ajukan Telaah UMP 2013

upah minimum provinsi, nusa tenggara barat

Posted on 21 Nov 2012. Hits : 1190

Dewan Pengupahan Nusa Tenggara Barat mengajukan telaah berisi konsep nilai Upah Minimum Provinsi 2013 yang berkali-kali dibahas bersama serikat pekerja, asosiasi pengusaha, akademisi, dan LSM, kepada Gubernur NTB untuk disikapi.

"Tadi pagi, kami ajukan telaah itu kepada Pak Gubernur untuk disikapi. Setelah itu kami ajukan lagi konsep naskah surat keputusan gubernur terkait penetapan UMP 2013," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB H Mokhlis di Mataram, Rabu.

Kepala Disnakertrans Provinsi NTB merupakan bagian dari Dewan Pengupahan NTB, selain pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) NTB, aktivis dari Universitas Mataram (Unram) dan LSM.

Sebagaimana biasa, Dewan Pengupahan NTB mengajukan konsep nilai UMP NTB sesuai perkembangan zaman, yang telah melewati pembahasan berkali-kali dengan K-SPSI dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) NTB.

Dewan pengupahan mempedomani kebutuhan hidup layak yang ditetapkan dengan memperhitungkan tingkat produktivitas pekerja, pertumbuhan ekonomi daerah dan usaha kelompok yang paling tidak mampu (marginal).

Terdapat tujuh komponen penentu UMP yakni makanan dan minuman (pangan), sandang (pakaian), perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi dan rekreasi serta tabungan.

Upah minimum merupakan upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap dan hanya berlaku bagi pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari satu tahun.

Mokhlis mengatakan, nilai kebutuhan hidup layak yang dijadikan acuan Dewan Pengupahan Provinsi NTB yakni nilai kebutuhan hidup layak terendah dari seluruh kabupaten/kota.

"Nilai terendah kebutuhan hidup layak saat ini, di Kabupaten Lombok Barat yakni sebesar Rp1,35 juta lebih. Nilai tertinggi di kabupaten lain yang mencapai hampir Rp1,5 juta. Namun, pada akhirnya sangat tergantung keputusan gubernur," ujarnya.

Menurut Mokhlis, K-SPSI NTB menghendaki nilai UMP 2013 mendekati nilai kebutuhan hidup layak yang sebesar Rp1,35 juta itu, sementara Apindo NTB menghendaki nilai yang realistis karena dikhawatirkan banyak perusahaan yang tidak bisa mematuhi nilai UMP tersebut.

Karena itu, akan ada telaah lebih dari dari staf Gubernur NTB hingga ditetapkan UMP 2013 yang sesuai, dan dapat diterima berbagai pihak.

"Insya Allah, dua pekan ke depan sudah ada respons Pak Gubernur, dan kami akan ajukan lagi konsep SK Penetapan UMP 2013. Jika berjalan sesuai rencana, maka Desember mendatang sudah jelas UMP NTB 2013," ujarnya.

Mokhlis membenarkan kalau setiap tahun nilai UMP bertambah seiring dengan meningkatkan berbagai kebutuhan hidup layak terkait perkembangan zaman, sehingga kemungkinan UMP 2013 pun diyakini mengalami kenaikan.

UMP NTB 2012 sebesar Rp1 juta atau meningkat sebesar Rp50 ribu atau 5,2 persen dari upah 2011 yang mencapai Rp950 ribu. UMP NTB 2011 itu juga mengalami peningkatan sebesar Rp59.225 atau 6,6 persen dari nilai UMP tahun 2010 yakni sebesar Rp890.775. UMP NTB 2010 itu juga meningkat dari UMP 2009 sebesar Rp832.500. (ant/as)

Puluhan Mahasiswa Asing Kunjungi Wisata Goa Selomangleng

Sedikitnya 40 mahasiswa asing serta dosen dari berbagai negeri mengunjungi wisata Goa Selomangleng Kediri, Jawa Timur ingin melihat langsung situs yang merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci tersebut, Kamis.

Yenni Wahid Harap Wiranto Jadi Pejuang HAM

Putri kedua mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, berharap penunjukan Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto yang kini adalah menteri koordinator bidan polisik, hukum, dan HAM, dapat digunakan sebagai momentum perjuangan penegakan HAM di Indonesia.

MK Tolak Uji Materi UU Advokad

Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat) yang diajukan oleh tiga advokat anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Sanjung Hillary, Obama Terus Mengejek Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang delapan kali menyebut nama calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, menyatakan bahwa Trump lebih memainkan ketakutan orang Amerika ketimbang menawarkan solusi bagi ketakutan yang dihadapi orang Amerika.

Pemkab Bekasi Rencanakan Pengolahan Sampah Sistem Composing

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berencana melakukan pengolahan sampah dengan sistem composing agar dapat menghasilkan gas metan rumah tangga.