Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

BNPB-MIT Kembangkan Peta Bencana Berbasis Media Sosial

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Urban Risk Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, mengembangkan peta bencana berbasis media sosial.

Herawati Diah Dikenang Sebagai Tokoh Bertekad Kuat

Tokoh pers nasional Siti Latifah Herawati Diah yang meninggal di usia 99 tahun pada Jumat pagi, dikenang oleh anak bungsunya, Nurman Diah, sebagai sosok ibu yang memiliki tekad dan semangat kuat.

Perpustakaan Online Tel-U 'Publish' Karya Ilimiah

Perpustakaan online Telkom University "mempublish" secara terbuka 14.

Empat Kapal Listrik Turki Segera Ke Indonesia

Empat kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang akan dikontrak Indonesia dari perusahaan Karpowership Turki akan segera diberangkatkan secara bertahap menuju Indonesia sampai awal Januari 2016.

Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi Di Afrika Selatan

Indonesia meraih dua penghargaan bergengsi dalam acara pameran dan bursa pariwisata The Gateway Show di Johannesburg, Afrika Selatan pada 23-25 September 2016.