Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Distanak Bangka Selatan Imbau Petani Tanam Serentak

distanak bangka selatan, petani, tanam serentak, antisipasi hama

Posted on 27 Sep 2013. Hits : 178

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangka Selatan, Efendi Ali mengimbau petani agar menanam padi secara serentak untuk mengantisipasi hama.

'Jika petani melakukan penanaman padi secara serentak tentu hama tikus, wareng dan lainnya akan berkurang, sehingga produksi padi meningkat,' ujarnya di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kesadaran petani untuk melakukan penanaman padi secara serentak masih kurang, sehingga rentan diserang hama tikus, wareng dan hama lainnya dan hasilnya juga kurang optimal.

Ia mencontohkan di Desa Rias yang hanya ditanami padi seluas 300 hektare dari total luas sawah 1.000 hektare lebih.

'Keuntungan menanam secara serempak ini untuk mencegah secara dini serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama, utamanya tikus. Bila hanya bagian tengah lahan lebih dahulu dibuka sedangkan di sisi lainnya tidak, maka biasanya hama tikus sering menyerang tanaman padi tersebut,' ujarnya.

Menurut dia, saat ini pola pikir petani untuk mengembangkan atau meningkatkan produksi padi masih rendah dan bersifat tradisional, sehingga pemerintah terus berupaya agar mengubahnya.

'Kami melalui penyuluh di lapangan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani untuk memanfaatkan program-program dari Distanak seperti menggunakan teknologi tepat guna, bibit unggul dan lainnya,' ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya program pengadaan bibit unggul dan contoh padi varietas unggul nasional antara lain Ciherang dan Bernas Super.(ant/rd)

Summarecon Bandung Tawarkan Hunian Yang Humanis

Summarecon Bandung adalah kawasan seluas 300 ha yang dikembangkan oleh PT Summarecon Agung Tbk.

KPK Ingin Hilangkan Politik Uang Dalam Pilkada

Komisi Pemberantasan Korupsi menginginkan agar politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah dihilangkan, salah satunya dengan usulan institusi itu untuk meningkatkan dana bantuan bagi partai politik sebesar 50 persen, kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Garda Bangsa: Radikalisme Ancam Kebhinekaan

Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Garda Bangsa menilai kebhinekaan yang ada di Indonesia saat ini terancam oleh perkembangan paham radikal dan terorisme.

KJRI Berupaya Bebaskan WNI Ditahan Di Jeddah

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) berupaya membebaskan dua warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan di Jeddah setelah bergurau membawa bom ketika hendak naik pesawat, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir.

Presiden Segera Berantas 'Jual Beli' Jabatan ASN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan segera memberantas praktik "jual beli" jabatan dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).