Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Eks RSBI Sebaiknya Jadi Sekolah Unggulan

sekolah unggulan, rintisan sekolah bertaraf internasional, rsbi

Posted on 01 Feb 2013. Hits : 624

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA mengatakan, sekolah eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sebaiknya menjadi sekolah unggulan.

"Eks sekolah RSBI seharusnya menjadi sekolah unggulan namun tetap menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas," ujar Rochmat di Jakarta, Jumat.

Rochmat mengatakan, pada dasarnya dirinya kecewa dengan adanya keputusan MK yang menghapus sekolah RSBI. Sekolah RSBI, kata dia, pada prinsipnya adalah sekolah unggulan. Minimal ada satu sekolah unggulan di setiap kabupaten/kota.

"Sumbangan sukarela itu seharusnya bisa diatur dengan baik. Bisa dibicarakan dengan komite sekolah seperti apa baiknya. Jika transparan, semua yang disumbangkan wali murid juga akan kembali pada siswa itu sendiri," cetus dia.

Sekolah unggulan, kata Rochmat, sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan global. Apalagi Indonesia akan menjadi bagian utama dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai diberlakukan pada 2015.

"RSBI itu pada awalnya muncul karena adanya tuntutan masyarakat yang menginginkan adanya kelas internasional di sekolah." Semua sekolah eks RSBI akan berstatus menjadi sekolah reguler yang dibina oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota.

Hal tersebut tertuang melalui Surat Edaran Nomor : 017/MPK/SE/2013 tentang Kebijakan Transisi RSBI, yang diteken Mendikbud pada Rabu, 30 Januari 2013 kemarin, yang ditujukan kepada para gubernur, bupati/walikota, kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan sekolah reguler itu sama halnya dengan sekolah biasa. Baru pada tahun ajaran baru mendatang, akan dibahas mengenai tata cara pengelolaan sekolah lebih lanjut.

Semua papan nama, kop surat, dan stempel sekolah, yang menyebutkan atau menyatakan RSBI tidak dapat dipergunakan dalam proses administrasi atau manajemen sekolah.

Kebijakan tersebut diambil menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 5/PUU-X/2012, yang mengabulkan permohonan Koalisi Pendidikan ke MK. Dampak putusan itu aalah dihapuskannya sekolah RSBI. (ant/as)

HAJI - JKG-31 Kloter Pertama Gunakan Bus Upgrade Jeddah-Mekkah

Jamaah kelompok terbang (kloter) 31 embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG-31) menjadi kloter pertama yang menggunakan bus upgrade rute Jeddah-Mekkah setelah pengajuannya disetujui oleh Menteri Haji Arab Saudi Ahmad bin Sholeh Banten.

Akademisi: Wacana Penaiksn Harga Rokok Perlu Didukung

Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Fikes) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Nanti Supriatni, SKM, MK merespon positif keinginan pemerintah menaikkan harga rokok mulai Semptember.

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Keberadaan agen perjalanan wisata ilegal di Bali sangat berdampak merusak harga pasar paket wisata di Pulau Dewata ke depannya.

HAJI - Pembimbing Ibadah Kunci Kepatuhan Jadwal Lontar Jumrah

Kepala Sektor Sembilan Daerah Kerja Mekkah Misbahudin menilai pembimbing ibadah, pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), dan ustad memainkan peran penting untuk memastikan kepatuhan jamaah pada jadwal dan rute melontar jumrah.

HAJI - Ribuan Jamaah Tunaikan Ibadah Di Masjidil Haram

Sedikitnya 106.925 jamaah haji Indonesia sudah berada di Kota Mekkah bersama ribuan jamaah berbagai bangsa yang mengakibatkan kawasan Masjidil Haram selalu penuh sesak oleh jamaah yang menunaikan ibadahnya.