Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 207

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

Ahok: Uji Coba Ganjil Genap Berjalan Baik

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai pelaksanaan uji coba kebijakan ganjil genap pada hari pertama di beberapa ruas jalan protokol di ibu kota berjalan dengan baik.

Kisah Perjuangan Tuanku Imam Bonjol Rencananya Difilmkan

Aktor papan atas Indonesia, Ray Sahetapy mendatangi objek wisata Tugu Equator dan Museum Tuanku Imam Bonjol di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, untuk mengangkat sejarah perjuangan pahlawan nasional ini ke layar lebar.

Komunitas 'Garing' Pungut Sampah Plastik 71 Kilometer

Komunitas sosial "Garing" di Kuta, Kabupaten Badung, berencana menggelar kerja bakti memungut sampah plastik di 17 titik sepanjang 71 kilometer di seluruh Bali, dalam memaknai Hari Ulang Tahun ke-71 RI.

Desain Jembatan Mentaya Dikaji Ulang

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengkaji ulang desain jembatan Mentaya yang rencananya dibangun di tengah Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Luas Tanaman Tembakau di Bojonegoro 4.500 Hektare

Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro, Jawa Timur menyebutkan realisasi tanaman tembakau Jawa dan Virginia Voor Oogst (VO) di daerahnya hanya sekitar 4.