Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

Ahok: Pelanggar Ganjil Genap Diberi Blangko Biru

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan penerapan kendaraan dengan nomor polisi ganjil genap bila ada yang melanggar langsung diberi blangko tilang warna biru.

Banyuwangi Siapkan Langkah Hadapi Tantangan Ekonomi 2017

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi kondisi ekonomi pada 2017 yang diprediksi bakal nbanyak menghadapi tantangan berat.

Kupang Terapkan Rekam KTP Elektronik 24 Jam

Pemerintah Kota Kupang segera menerapkan layanan perekaman identitas untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik warga di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu 24 jam.

170 Ekor Sapi Ikuti Kontes Di Situbondo

Sebanyak 170 ekor sapi hasil inseminasi buatan mengikuti kontes ternak sapi yang digelar Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, guna mengetahui keberhasilan pada sektor peternakan.

Program 35.000 MW Diperkirakan Tidak Capai Target

Pengamat energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi memperkirakan program pembangunan pembangkit listrik berdaya 35.