Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.