Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Kemensos - JCSW Kerjasama Tingkatkan Kompetensi Pekerja Sosial

kemensos gandeng, jcsw tingkatkan, pekerja sosial

Posted on 10 Apr 2013. Hits : 483

Kementerian Sosial bekerja sama dengan Japan College of Sosial Work (JCSW) guna meningkatkan kompetensi pekerja sosial

"Menyelesaikan masalah sosial membutuhkan sinergitas, kolaborasi dan kerja sama berskala internasional," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (10/4).

Kerja sama tersebut direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Tokyo, Jepang, pada Selasa (9/4).

Acara tersebut dihadiri pula oleh Penasihat senior Menteri Sosial, Muman Nuryana sekaligus pemimpin delegasi, Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Harry Hikmat, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Samsudi.

Luasnya cakupan masalah sosial, membutuhkan keterlibatan profesional dan kerja sama untuk menumbuhkan harapan dan meningkatkan kualitas hidup.

Kondisi struktur sosial masyarakat masih dilingkupi oleh masalah kemiskinan, ketidakberdayaan, eksklusi sosial dan penyalahgunaan obat. Kompetensi pekerja sosial mutlak diperlukan dan syarat bisa terselenggara pelayanan sosial yang baik.

"Tersedianya sumberdaya manusia pekerja sosial yang memiliki kompetensi merupakan kebutuhan mendesak. Mengingat permasalahan sosial semakin kompleks dan dinamis," tambah Mensos.

Menurut Mensos, menghadapi masalah sosial lintas batas sebagai dampak keterbukaan interaksi di era global saat ini. Misalnya, terkait pekerja migran, adopsi antar-negara secara ilegal, serta perdagangan manusia.

Kompleksitas masalah sosial tidak mungkin diatasi secara maksimal dengan sumber daya manusia bidang kesejahteraan sosial terbatas. Karena itu, keterbatasan melahirkan tuntutan terhadap pendidikan pekerjaan sosial, penelitian dan pelatihan. Hingga kini, masih dibutuhkan 139,000 pekerja sosial untuk menambah kekurangan 15,000 pekerja sosial yang ada.

Hingga kini, JCSW telah memberikan kontribusi nyata yang sangat berharga bagi bangsa untuk menghasilkan pekerja sosial profesional. Selain itu, JCSW merupakan institusi yang bekerja sama dengan Kemensos. Terlebih, lembaga tersebut memiliki sejarah panjang sejak 1958 dan keunikan pendidikan pekerjaan sosial dan penelitian sosial di Jepang.(ris/ant)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.