Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Padangpanjang Bangun MCK Plus Di Sigando

mandi cuci kakus, swadaya masyarakat setempat

Posted on 16 Mar 2013. Hits : 504

Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) plus di Kelurahan Sigando untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki jamban.

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan MCK plus tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin di Padangpanjang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan MCK plus tersebut sangat dibutuhkan warga, mengingat sebagian besar masyarakat di Batang Tibarau Kelurahan Sigando itu tidak memiliki jamban.

MCK plus tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, karena juga dilengkapi dengan sarana tempat ibadah umat Islam, yakni surau yang dibagun di lantai dua.

Bangunan MCK plus yang berukuran sekitar 6 x 10 meter persegi itu, sudah diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin, Kamis (14/3).

"Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan MCK plus itu, sehingga keluhan masyarakat terhadap minimnya jamban di daerah itu tidak ada lagi," kata dia.

Pembangunan MCK plus memerlukan waktu sekitar tiga bulan dan pengerjaannya itu juga atas partisipasi dan swadaya masyarakat setempat.

"Swadaya masyarakat sangat menentukan terlaksananya pembangunan MCK ini berupa penyerahan lahan untuk kepentingan umum dengan harga sekitar Rp25 juta," kata dia.

Pembangunan setiap unit MCK plus tersebut menelan biaya sekitar Rp500 juta. Dana tersebut Rp470 juta di antaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan selebihnya swadaya masyarakat.

"Sejak 2011, kita sudah membangun empat unit MCK di Kota Padangpanjang ini masing-masing di kelurahan Kampung Manggis, Ganting, Sigando dan Koto Panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangpanjang Defrial.

Dia menyebutkan, untuk 2013, Pemkot Padangpanjang juga akan membangun MCK plus di dua kelurahan yang ada di daerah itu.

"Sekarang kita masih dalam tahap penjajakan kelurahan mana yang cocok," kata dia.(ant/rd)

Pengemudi 'Brio Maut' Negatif Gunakan Narkoba

Penyidik Laka Lantas Polrestabes Bandung menyebut tes urine yang dilakukan terhadap IM (19) pengemudi Honda Brio yang menyeruduk sepeda motor yang dikendarai IT (32) hingga tewas, negatif menggunakan zat psikotoprika.

Mubarokfood Akan Kurangi Penggunaan Kayu Bakar

Produsen jenang Kudus, Jawa Tengah, Mubarokfood akan mengurangi penggunaan bahan bakar kayu untuk proses pembuatan jenang.

Tapin Kembangkan Sapi Betina Melalui Inseminasi Buatan

Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, mengembangkan sapi betina melalui program inseminasi buatan dan program sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) untuk mendukung program nasional.

Empat Departemen ITS Kembali Raih Sertifikasi Internasional

Empat departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berhasil meraih sertifikasi internasional yakni dari ASEAN United Network Quality Assessment (AUN-QA) pada akhir tahun 2016 lalu.

Elemen Masyarakat Diajak Citra Danau Toba

Elemen masyarakat diajak untuk menjaga citra positif Danau Toba di Sumatera Utara dalam upaya mendukung program Pemerintah Pusat menjadikan kawasan itu sebagai tujuan wisata Nasional dan Dunia.