Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Diskominfo Pertanyakan Izin Menara Ponsel Atas Ruko

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mempertanyakan menyangkut perizinan terhadap menara telepon selular (ponsel) yang berada di atas ruko.

'Runway' Bandara Pekanbaru Ditargetkan Beroperasi April 2017

PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan perluasan landasan pacu (runway) Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Provinsi Riau, sepanjang 2.

BKPM Undang Inggris Masuk Sektor Infrastruktur

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengundang investor Inggris untuk ikut menanamkan modal di sektor infrastruktur Indonesia melalui forum "Business Forum: Infrastructure Investment Opportunity in Indonesia".

Sleman Kembangkan Pewarna Alami Sentra Batik Plalangan

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan batik pewarna alami di Sentra Batik, Plalangan, Pandowoharjo, sebagai kepedulian untuk pelestarian alam.

Kerajinan Jimbe Banyuwangi Tembus Pasar Dunia

Kerajinan alat musik perkusi berupa jimbe yang dibuat perajin asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mampu menembus sejumlah pasar dunia, seperti Afrika, Amerika dan Australia.