Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

Polda Metro Jaya Akan Pindahkan Lokasi Sidang Ahok

Pihak Polda Metro Jaya mempertimbangkan memindahkan lokasi sidang Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke wilayah Cibubur, Jakarta Timur.

Ganjar Pranowo Diperiksa KPK

KPK memeriksa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (E-KTP) 2011-2012 di Kementerian Dalam Negeri.

Presiden Jokowi Ingatkan Agar Jangan Korupsi Dana APBN Satu Rupiahpun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar tidak ada dana dari APBN 2017 yang dikorupsi sekecil apa pun.

25 Tewas dan 26 Luka Berat Akibat Gempa Pidie Jaya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan korban gempa bumi 6,5 Skala Richter di Pidie Jaya, Aceh hingga pukul 11.

Penyidik Limpahkan Berkas Buni Yani ke Kejaksaan

Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melimpahkan berkas perkara tersangka pelanggaran UU ITE, Buni Yani, ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Selasa (6/12).