Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Petinggi Berterima Kasih Atas Penghapusan Irak Dari Daftar Larangan Perjalanan

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi berterima kasih kepada Presiden AS Donald Trump pada Senin atas penghapusan Irak dari daftar larangan perjalanan, yang dikenakan kepada beberapa negara berpenduduk sebagian besar Muslim.

Lebanon Kembangkan Strategi Untuk Tangani Dampak Dari Krisis Suriah

Perdana Menteri Lebanon Saad Al-Hariri pada Senin (20/3) menekankan Lebanon "mengembangkan strategi untuk menangani dampak parah dari krisis di Suriah".

Ghana Tutup Lokasi Air Terjun Setelah Puluhan Orang Meninggal

Pemerintah wilayah di Ghana, Senin (20/3), menutup untuk sementara lokasi air terjun Kintampo, 450 kilometer di utara ibu kota negeri itu, setelah 18 pengunjung tewas akibat tertimpa pohon yang tumbang, Ahad (19/3).