Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Produk Kelapa Dan Kakao Diharapkan Tembus Brazil

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sao Paulo, Brazil, mengharapkan produk kelapa dan kakao dari Tanah Air mampu menembus pasar Negeri Samba, khususnya untuk meningkatkan ekspor nonmigas.

Petani Tembakau Buleleng Resah Isu Rokok Naik

Para petani tembakau di Desa Bhaktiseraga, Kabupaten Buleleng, Bali, resah terkait isu kenaikan harga rokok yang banyak beredar di media massa.

Perusahaan Baja Korsel Nilai Indonesia Pasar Potensial

Perusahaan baja Korea Selatan Posco menilai Indonesia merupakan pasar potensial sejalan dengan terus berkembangnya industri otomotif, infrastruktur, serta konstruksi.

Investor Jepang Bangun Pembangkit Biogas di Mukomuko

Investor dari Negara Jepang berencana membangun pembangkit listrik tenaga biogas (PLTG) yang menggunakan bahan bakar cangkang kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Badai Kilat Tewaskan Ratusan Rusa Kutub di Norwegia

Badai kilat besar di daerah pegunungan terpencil Norwegia menewaskan 323 rusa kutub di sana.