Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wabup Batanghari Pantau Harga Sembako

sinwan sh, memantau, harga sembako, gejolak harga

Posted on 19 Jul 2013. Hits : 117

Wakil Bupati Batanghari, Jambi, Sinwan SH, Kamis, memantau harga sembako dan daging di Pasar Kramat Tinggi, Muarabulian, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga selama puasa dan menjelang Idul Fitri.

'Kita ingin pastikan harga kebutuhan pokok tidak bergejolak, termasuk harga daging. dari kunjungan itu, saya lihat walaupun ada kenaikan tetapi masih dalam batas kewajaran,' katanya ketika ditanya wartawan.

Ia mengatakan, dari kunjungan dan dialog dengan pedagang harga sembako masih bervariasi, sekalipun masih tergolong tinggi. Selain itu, suplainya juga lancar.

Wabup yang didampingi beberapa pejabat dinas terkait sempat berkeliling meninjau lapak pedagang Pasar Kramat Tinggi dan berdialog dengan sejumlah pedagang, antara lain pedagang cabai, bawang dan daging.

'Berapa harga cabai hari ini,' tanya Bupati kepada pedagang cabai. 'Hari ini harganya naik menjadi Rp47 ribu/Kg pak,' jawab Erna pedagang cabai tersebut.

Bupati cukup terkejut, karena pedagang tersebut menjelaskan dua hari lalu harga cabai merah masih Rp25 ribu/Kg, tapi hanya dua hari melonjak.

Sementara ketika meninjau lapak penjual daging, Sinwan mendapat penjelasan bahwa harga daging saat ini sebesar Rp100 ribu/Kg, atau turun dari pekan sebelumnya yang sempat mencapai Rp120 ribu/Kg.

Menurut dia, terjadi kenaikkan pada beberapa kebutuhan pokok terjadi karena mekanisme pasar, yaitu jika pasokan normal maka harga akan stabil, namun jika pasokan sedikit tersendat otomatis harga akan naik.

Ia mengakui adanya kesulitan yang dihadapi masyarakat menghadapi kenaikkan beberapa harga kebutuhan pokok selama Ramadhan ini, karena itu Pemkab Batanghari akan terus melakukan pemantauan.

'Tidak tertutup kemungkinan jika terjadi gejolak pemerintah akan melakukan operasi pasar,' katanya.

Selain itu, untuk membantu meringankan beban masyarakat, Pemkab Batanghari melalui dinas terkait akan menggelar pasar murah di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Batanghari.

'Melalui pasar murah ini, masyarakat bisa membeli sembako dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran,' ujarnya.(ant/rd)

Legislator: Rokok Mahal Kendalikan Konsumsi Generasi Muda

Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin menyatakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau yang membuat harga rokok mahal akan mengendalikan konsumsi generasi muda dan memberikan dampak positif pada masa depan.

Pengelolaan Hutan Jangan Dijadikan Kepentingan Ekonomi

Peneliti Ekonomi Kehutanan Pusat Peneliti dan Pengembangan Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ismatul Ismail menyatakan pengelolaan hutan jangan dijadikan kepentingan ekonomi sehingga bisa merusak kelestarian hutan.

Gempa Runtuhkan Bangunan di Italia Tengah, Enam Diperkirakan Tewas

Gempa berkekuatan besar menghacurkan sejumlah bangunan di Italia tengah pada Rabu dinihari, menjebak penduduk dan menyebabkan warga lain melarikan diri, dengan setidak-tidaknya enam orang diperkirakan tewas.

KPK Dorong Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong pemerintah daerah memperbaiki tata kelola pemerintah dengan menerapkan praktik terbaik (best practice) khususnya bidang perencanaan dan pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa serta pelayanan perizinan.

Sumatera Selatan Dongkrak Konsumsi Ikan Masyarakat

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan mendongkrak konsumsi ikan masyarakat dengan menggencarkan gerakan makan ikan (Gemarikan) di setiap kabupaten/kota.