Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

O2SN 2013 Sertakan Siswa SMK

o2sn 2013, sertakan siswa smk, palembang

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 1609

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 mengalami perubahan yakni tidak sebatas mengikutsertakan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, tapi juga melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga setiap daerah harus menerapkan aturan baru itu dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan SMA, kali ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Nasional mengharuskan melibatkan SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota setempat, Reza Pahlevi di Palembang, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, guna menindaklanjuti aturan baru itu, pihaknya telah mengikutsertakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota untuk siswa sekolah menengah di Palembang, 9-12 April 2013.

"Kesempatan diberikan kepada siswa SMK, ini bertujuan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga, mengingat selama ini hanya sebatas siswa SMA," katanya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan O2SN ini menjadi ajang pembibitan dan rekrutmen atlet bagi Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Perhelatan O2SN 2013 ini mempertandingkan lima cabang olahraga untuk tingkat SMA, yakni atletik, pencak silat, karate, tenis meja, dan bulutangkis. Sementara untuk tingkat SMK terdiri atas empat cabang olahraga, bola voli, catur, tenis meja, dan bulutangkis.

Ketua Pelaksana O2SN Rustam Effendi menerangkan pelaksanaan dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan ini tersebar di beberapa tempat.

"Atletik dipusatkan di Stadion Atletik Jakabaring, pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), karate di SMKN 3 Palembang. Sedangkan bulutangkis digelar di Hall Padang Selasa Bukit Besar, dan catur di SMAN 14 Palembang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan babak penyisihan untuk berlanjut pada babak sistem gugur.(ris/ant)

Mataram Gelar Gebyar Pembayaran PBB

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar acara gebyar pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2016 sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat membayar PBB.

BPJS Diminta Perbaiki Pola Sosialisasi Masyarakat

Anggota DPR RI Okky Asokawati meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memperbaiki pola sosialisasi kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi yang tertipu dan menggunakan kartu BPJS palsu.

Presiden Jokowi Bentuk Badan Hak Atas Kekayaan Intelektual

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mengatakan Presiden Joko Widodo perlu segera membentuk Badan Hak Atas Kekayaan Intelektual agar kemajuan ekonomi kreatif lebih progresif.

Yogyakarta Gagal Bawa Pulang Adipura

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali gagal membawa pulang piala Adipura untuk tiga tahun berturut-turut sejak 2013, setelah pada tahun ini hanya mendapat plakat Adipura untuk penilaian Terminal Giwangan.

Pemain Pokemon Go Diminta Lebih Berhati-Hati Dengan Lingkungan

Maraknya permainan Pokemon Go mengakibatkan pemainnya harus berhati-hati dengan lingkungan sekitarnya, terlebih pada segelintir orang yang memanfaatkan permainan tersebut untuk melakukan tindakan kriminal.