Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

O2SN 2013 Sertakan Siswa SMK

o2sn 2013, sertakan siswa smk, palembang

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 1609

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 mengalami perubahan yakni tidak sebatas mengikutsertakan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, tapi juga melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga setiap daerah harus menerapkan aturan baru itu dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan SMA, kali ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Nasional mengharuskan melibatkan SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota setempat, Reza Pahlevi di Palembang, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, guna menindaklanjuti aturan baru itu, pihaknya telah mengikutsertakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota untuk siswa sekolah menengah di Palembang, 9-12 April 2013.

"Kesempatan diberikan kepada siswa SMK, ini bertujuan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga, mengingat selama ini hanya sebatas siswa SMA," katanya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan O2SN ini menjadi ajang pembibitan dan rekrutmen atlet bagi Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Perhelatan O2SN 2013 ini mempertandingkan lima cabang olahraga untuk tingkat SMA, yakni atletik, pencak silat, karate, tenis meja, dan bulutangkis. Sementara untuk tingkat SMK terdiri atas empat cabang olahraga, bola voli, catur, tenis meja, dan bulutangkis.

Ketua Pelaksana O2SN Rustam Effendi menerangkan pelaksanaan dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan ini tersebar di beberapa tempat.

"Atletik dipusatkan di Stadion Atletik Jakabaring, pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), karate di SMKN 3 Palembang. Sedangkan bulutangkis digelar di Hall Padang Selasa Bukit Besar, dan catur di SMAN 14 Palembang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan babak penyisihan untuk berlanjut pada babak sistem gugur.(ris/ant)

Faksi Syiah Lebanon Hizbullah Peringatkan Israel Mengenai Reaktor Nuklir Dimona

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah pada Kamis (16/2) menyeru Israel agar "melucuti reaktor nuklir Dimona", dan memperingatkan reaktor itu menimbulkan ancaman buat keberadaan Israel jika diserang oleh rudal Hizbullah dalam bentrokan.

Film 'Silek dan Surau' Akan Tayang Se-Indonesia

Film berjudul "Silek dan Surau" yang bercerita tentang kearifan lokal budaya tradisional Minangkabau, Sumatera Barat, akan tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada April 2017.

Jalan Penghubung Tiga Kelurahan Bekasi Rampung 2017

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan pembangunan jalan penghubung tiga kelurahan di Kecamatan Bekasi Utara rampung pada 2017.

Pelaku Usaha Cual Persiapkan Produk Sambut MXGP

Pelaku usaha kain cual di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai mempersiapkan produk-produknya untuk mendukung dan menyambut Motorcross MXGP 2017 dengan melakukan promosi secara maksimal.

Puluhan Hektare Padi Di Aceh Selatan Gagal Panen

Puluhan hektare tanaman padi di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, gagal panen pada musim tanam rendengan tahun 2017, karena serangan burung pipit.