Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

O2SN 2013 Sertakan Siswa SMK

o2sn 2013, sertakan siswa smk, palembang

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 1609

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 mengalami perubahan yakni tidak sebatas mengikutsertakan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, tapi juga melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga setiap daerah harus menerapkan aturan baru itu dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan SMA, kali ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Nasional mengharuskan melibatkan SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota setempat, Reza Pahlevi di Palembang, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, guna menindaklanjuti aturan baru itu, pihaknya telah mengikutsertakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota untuk siswa sekolah menengah di Palembang, 9-12 April 2013.

"Kesempatan diberikan kepada siswa SMK, ini bertujuan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga, mengingat selama ini hanya sebatas siswa SMA," katanya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan O2SN ini menjadi ajang pembibitan dan rekrutmen atlet bagi Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Perhelatan O2SN 2013 ini mempertandingkan lima cabang olahraga untuk tingkat SMA, yakni atletik, pencak silat, karate, tenis meja, dan bulutangkis. Sementara untuk tingkat SMK terdiri atas empat cabang olahraga, bola voli, catur, tenis meja, dan bulutangkis.

Ketua Pelaksana O2SN Rustam Effendi menerangkan pelaksanaan dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan ini tersebar di beberapa tempat.

"Atletik dipusatkan di Stadion Atletik Jakabaring, pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), karate di SMKN 3 Palembang. Sedangkan bulutangkis digelar di Hall Padang Selasa Bukit Besar, dan catur di SMAN 14 Palembang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan babak penyisihan untuk berlanjut pada babak sistem gugur.(ris/ant)

Garuda Berencana Layani Penerbangan Langsung Tarakan-Cengkareng

Maskapai PT Garuda Indonesia berencana mulai 17 Oktober 2016 melayani penerbangan langsung dari Bandara Juwata, Tarakan, ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

Menteri BUMN Resmikan Hotel Indonesia Group

Menteri BUMN Rini M. Soemarno resmi meluncurkan sinergi hotel yang dimiliki BUMN dalam Hotel Indonesia Group (HIG) di Jakarta, Rabu.

14 Negara Ramaikan Indonesia International Book Fair

Sebanyak 14 negara ikut meramaikan "Indonesia International Book Fair 2016" di JCC Senayan, Jakarta, 28 September hingga 2 Oktober.

UMY-Kedutaan Prancis Galakkan Pola Hidup Sehat

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerja sama dengan Kedutaan Besar Prancis menggalakkan penerapan pola hidup sehat di kalangan mahasiswa melalui konsumsi produk organik.

Sikap Hedonis Dorong Orang Lakukan Penipuan

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof Azyumardi Azra menilai sikap hedonis telah mendorong orang untuk melakukan penipuan sebagaimana yang terjadi pada kasus penggandaan uang pengasuh Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Probolinggo.