Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKD Madiun Curigai 2 Oknum PNS Terlibat Politik Praktis

badan kepegawaian daerah, kota madiun, politik, praktis

Posted on 22 Mar 2013. Hits : 362

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terus memantau aktivitas dua oknum pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan setempat yang diduga terlibat politik praktis jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Madiun 2013 pada Mei.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Slamet Rijadi, Jumat mengatakan, kedua oknum PNS tersebut adalah EK yang bertugas di Kantor Lingkungan Hidup dan KH yang bertugas di Satpol PP setempat.

"Keduanya terbukti ikut dan terlibat dalam politik praktis saat pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukiman-Sugito mengadakan kegiatan mirip kampanye berbentuk pengobatan terbatas di Lapangan Jiwan pada Sabtu tanggal 9 Maret 2013," ujar Slamet kepada wartawan.

Menurut dia, keterlibatan tersebut diketahui berdasarkan laporan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Jiwan kepada Inspektorat Kabupaten Madiun beberapa waktu lalu. Panwascam Jiwan menemukan pelanggaran berat dua oknum PNS Pemkab Madiun tersebut, terlibat dan mendukung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Madiun, Sukiman-Sugito.

"Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat. Setelah hasilnya keluar, baru keduanya diproses sesuai aturan yang ada," tutur Slamet.

Ia menegaskan, jika keduanya terbukti terlibat dalam politik praktis, BKD Kabupaten Madiun akan memberikan sanksi sesuai aturan yang ada.

Kedua oknum PNS tersebut dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 43 tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian, dan PP Nomor 53 tahun 2010 pasal 4 tentang Disiplin PNS.

Pada PP tersebut dengan tegas menyebutkan, PNS dilarang ikut kampanye mendukung salah satu calon. Peraturan KPU tentang kampanye juga memuat larangan keras PNS terlibat kampanye pasangan calon.

"Dalam aturan-aturan tersebut dijelaskan bahwa PNS tidak boleh terlibat politik praktis dan harus netral dalam pemilu ataupun pilkada.

Adapun, Pilkada Kabupaten Madiun 2013 akan diselenggarakan pada tanggal 25 Mei. Pilkada tersebut akan diikuti oleh dua pasangan bakal cabup dan cawabup, yakni pasangan pejabat kini ("incumbent") Muhtarom dan Iswanto (Muis) yang diusung koalisi PKB dan Demokrat serta pasangan Sukiman dan Sugito yang diusung koalisi PDIP dan Golkar. (bn/ant)

40 Pemain Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-19

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi merilis 40 nama pemain yang dipanggil untuk menjalani seleksi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 yang akan turun pada kejuaraan Piala AFF 2016 di Vietnam, 11-24 September.

Dua kapal Asing Ditangkap di Anambas

Patroli gabungan Ditpolair Polda Kepri dan Ditpolair Baharkam Mabes Polri mengamankan dua kapal berbendera asing yang tengah mencuri ikan di perairan Kepulauan Anambas.

Proses Hukum Istri Santoso Jalan Terus

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian menyatakan proses hukum terhadap istri kedua teroris Santoso terus berlanjut.

Calon Paskibraka Jalani Tes di Mabes TNI

Proses seleksi penerimaan calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) yang akan bertugas di Istana Negara pada peringatan HUT RI terus berjalan dan saat ini 136 pemuda terpilih menjalani tes di Mabes TNI.

Kereta Api Padang-Padang Panjang Terkendala Ketersediaan Lokomotif

Pengembangan kereta api dari Padang menuju Padang Panjang terancam tidak dapat dilaksanakan karena lokomotif yang bisa melaju pada rel bergerigi ditanjakan Silaiang, sebelum masuk Padang Panjang, sudah tidak diproduksi lagi.