Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DOB Grime Nawa Siap Dimekarkan

daerah otonomi baru, dob, pemekaran

Posted on 08 Jan 2014. Hits : 381

Daerah Otonomi Baru (DOB) Grime Nawa 99,9 persen siap dimekarkan karena telah memenuhi syarat secara fisik maupun administrasi.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan Grime Nawa yang sudah masuk dalam Amanat Presiden (Ampres) dari 65 DOB ini, masuk dalam urutan 31 dan lebih siap dalam dari sekian banyak DOB yang Ampresnya sudah dikeluarkan oleh Presiden pada 27 Desember 2013.

"Grime Nawa bertahun-tahun sudah siap dari segi infrastruktur, akses, komunikasi dan kesiapan masyarakat serta sumber dayanya," tandasnya kepada Antara di Sentani, Rabu.

Ia menjelaskan dari sekian banyak kabupaten yang ada di Papua dan sudah memenuhi syarat 99,9 persen adalah Grime Nawa dan jika dikatakan seperti itu berarti semuanya sudah tuntas termasuk batas wilayahnya, baik kecamatannya maupun ibukota kabupaten.

"Penyerahan Amanat Presiden (Ampres) oleh Anggota Komisi II DPR RI, Agustina Basik Basik, untuk pemekaran Grime Nawa menjadi hadiah tahun baru yang luar biasa dan sangat dinanti-nantikan masyarakat," ujarnya.

Bupati menuturkan pihaknya sudah mempunyai target yang mengacu kepada Peraturan Presiden Tahun 2007, dimana dengan apa yang sudah diamanatkan didalamnya menjadi fisik kewilayahan dan administrasinya yang akan dikaji lagi.

"Ini adalah sesuatu yang menggembirakan dan hal yang wajar karena dengan adanya DOB maka daerah ini akan berkembang dengan cepat dan kesejahteraan bisa cepat tercapai," urainya.

Bupati mengungkapkan dengan turunnya Ampres, DOB ini akan dibahas oleh DPR RI dan DPD RI, maka pasti atau tidak pasti yang penting Ampres sudah turun sehingga tidak bisa dipungkiri lagi pemekarannya.

"Untuk memastikan hal tersebut, pada saat sudah bergulir dalam pembahasan pimpinan DPR RI, kemudian akan diturunkan surat penugasan kepada DPD RI untuk bekerja dan akan segera ditindaklanjuti untuk turun meninjau lapangan," pungkasnya.(ant/vaa)

Penghargaan Laporan Keuangan Diharapkan Dorong 'Good Governance'

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida mengharapkan, penghargaan Laporan Keuangan Tahunan (Annual Report Award/ARA) mampu mendorong praktik tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) melalui keterbukaan informasi.

BC Surakarta Amankan Mesin Pembuat Rokok Ilegal

Bea Cukai Surakarta mengamankan satu unit mesin untuk memproduksi rokok ilegal merek Shenzen seri GRA208 (MK-8 MAKIII) yang tidak memiliki lisensi resmi dalam penindakan hukum yang berlangsung di Klaten, Jawa Tengah.

Ratusan Wisatawan di Gunung Rinjani Dievakuasi

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mengirim tim untuk mengevakuasi ratusan wisatawan yang masih berada di atas gunung karena jalur pendakian sudah ditutup akibat letusan Gunung Barujari, di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dua Perusahaan Akan Catat Saham Perdana Rabu

Bursa Efek Indonesia mengemukakan bahwa dua perusahaan, yakni PT Aneka Gas Industri Tbk dan PT Paramita Bangun Persada Tbk akan mencatatkan saham perdana pada Rabu (28/9).

Pertarungan Trump-Clinton di Media Sosial Kian Sengit

Persaingan antara dua kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump dan Partai Demokrat Hillary Clinton di media siber dan media sosial berlangsung sengit.