Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

DPT di Kabupaten Malang Diverifikasi Ulang

dpt, kabupaten malang, verifikasi ulang

Posted on 09 Oct 2013. Hits : 575

Daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Malang, Jatim, diverifikasi ulang karena dikhawatirkan berpotensi ada pemilih ganda, kata Pimpinan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Panwas Kabupaten Malang Eka Fatmawati.

Hasil verifikasi (audit) daftar pemilih tetap (DPT) ini akan diserahkan ke Bawaslu Provinsi Jatim yang selanjutnya ke Bawaslu pusat, kata Eka Fatmawati di Malang, Rabu.

"Proses audit DPT ini sudah dilakukan sejak kemarin (Selasa, 8/10). Audit DPT ini kami lakukan karena sesuai pernyataan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, perbandingan antara daftar pemilih sementara (DPS) dengan DPT berada di atas ambang," katanya.

DPT yang melebihi batas ambang itu, kata Eka, ada ketidakwajaran antara DPT dengan data kependudukan, bahkan persentasenya mencapai 80 persen hingga 100 persen.

Dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, 25 kecamatan di antaranya masuk daftar di atas ambang batas. Batas ambang normal adalah 60 sampai 80 persen dari jumlah penduduk dan Kabupaten Malang rata-rata ambang batasnya mencapai 84 persen.

Delapan kecamatan yang "normal" itu di antaranya adalah Kecamatan Singosari, Kromengan, Wagir, Pakisaji, Pagelaran, Pakis serta Kepanjen.

Lebih lanjut Eka Fatmawati menjelaskan audit DPT tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat edaran Bawaslu Nomor 717 tentang Pelaksanaan dan pengawasan DPT Pemilu DPR, DPD dan DPRD.

Bawaslu RI meminta semua Panwaslu di kota/kabupaten untuk melakukan audit, sebab DPT yang telah ditetapkan Komisi pemilihan Umum (KPU) diduga masih banyak kejanggalan, termasuk DPT ganda, Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda serta status perkawinan.

Proses audit tersebut, lanjutnya, adalah membandingkan antara DPT pada Pilgub Jatim akhir Agustus lalu dengan daftar potensial penduduk pemilih pemilu (DP4), kemudian dibandingkan dengan DPS dan terakhir dengan DPT.

"Besok (Kamis, 10/10) hasil verifiaksi ini kami serahkan k e Bawaslu Provinsi Jatim dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu RI. Di Bawaslu puasat nantinya akan dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas)," ujarnya, menambahkan.(ris/ant)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.