Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

KPPS Pemilu Mengundurkan Diri Karena Honor Kecil

kpps, pemilu legastif, undurkan diri, tps

Posted on 31 Mar 2014. Hits : 602

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu Legislatif 9 April 2014 di Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengundurkan diri karena honor yang akan mereka terima dinilai relatif kecil.

'Setelah diberitahukan besaran honor yang bakal diterima, ada anggota KPPS di satu tempat pemungutan suara (TPS) mengundurkan diri,' ujar Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Selisun Kecamatan Nunukan Selatan Arsenius di Nunukan, Minggu.

Ia mengatakan, pengunduran diri seluruh anggota KPPS pada salah satu TPS itu langsung dilaporkan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

Arsenius meminta PPK Nunukan Selatan segera mengantisipasi kekosongan penyelenggara pemilu di TPS itu karena tidak memiliki cadangan untuk mengisi posisi KPPS pada TPS tersebut.

Ia mengaku dampak daripada tidak adanya warga yang bersedia menjadi anggota KPPS karena honor yang diterima relatif kecil sementara tanggung jawab dan beban pekerjaan sebagai penyelenggara cukup berisiko.

'Tidak ada warga yang mau menjadi anggota KPPS karena menganggap honornya sangat kecil,' ujar Arsenius.

Keputusan anggota KPPS mengundurkan diri, kata dia, 0 setelah diberitahukan besaran honor yang akan diterima berdasarkan rencana kegiatan anggaran (RKA) yang diterima PPK Nunukan Selatan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan dua hari yang lalu.

Sesuai RKA yang diterima dari KPU setempat, honor bagi ketua KPPS sebesar Rp400.000 dan Rp350.000 bagi anggotanya ditambah biaya makan selama pemungutan dan penghitungan perolehan suara calon anggota legislatif sebesar Rp35.000 per orang.(ant/rd)

Dua Daerah DIY Percontohan Kemiskinan Nasional

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan sebanyak dua daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi daerah percontohan bagi program pengentasan kemiskinan pemerintah.

Kekhasan Taman Nasional Daya Tarik Wisata

Pakar pelestarian lingkungan hidup dari Amerika, Shane Barrow, memberikan komentar dan penilaiannya terkait keadaan taman nasional yang ada di Indonesia.

Pemerintah Perkuat Transmigrasi Untuk Kurangi Impor Pangan

Pemerintah segera memperkuat dan menggalakkan kembali program transmigrasi untuk mengurangi ketergantungan impor pangan, kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Penyaluran KIP Belum Tuntas

Penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) belum juga tuntas meskipun batas waktu penyaluran akan berakhir di akhir September.

BNPB-MIT Kembangkan Peta Bencana Berbasis Media Sosial

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Urban Risk Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, mengembangkan peta bencana berbasis media sosial.