Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Beri Pelatihan PPK Tentang Sistem Sidalih

komisi pemilihan umum, memberikan pelatihan, panitia pemilihan kecamatan, sidalih dalam pemutakhiran data pemilih

Posted on 24 May 2013. Hits : 423

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan tentang aplikasi sistem informasi data pemilih atau Sidalih dalam pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2014.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo Siti Ghoniyatun di Kulon Progo, Kamis, mengatakan sistem informasi data pemilih (Sidalih) akan digunakan untuk melakukan pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2014.

'Kami memberikan pelatihan aplikasi kepada teman-teman Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pemutakhiran data pemilih,' katanya.

Ia mengatakan KPU akan menerapkan Sidarlih secara 'online' dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK dan KPU.

'Sidalih ini akan menerapkan sistem komputer race. Semoga 60 anggota PPK dan 246 anggota PPS Kulon Progo dapat melakukan pemutakhiran data, baik menambah atau mengurangi jumlah pemilih setiap PPS. Selanjutnya memperbaiki data pemilih dengan menggunakan sistem Sidalih,' katanya.

Menurut dia, dengan sistem Sidalih ini, maka data terkoneksi secara nasional, dan diharapkan data pemilih ini merupakan data akurat, tidak ada data ganda.

Sebab, kata dia, data ini paling mutakhir dan sifatnya nasional.

'Dengan sistem Sidalih ini diharapkan tidak ada lagi pemilih ganda pada Pemilu 2014,' katanya.

Anggota PPK Lendah, Badrun Widarsono mengatakan sistem Sidalih tersebut memang memiliki banyak keunggulan dibading sistem sebelumnya. Mereka bisa mengetahui data pemilih, perpindahan pemilih dan lain sebagainya secara 'online' dibanding sistem sebelumnya.(ant/rd)

Kemenperin Rampungkan Prosedur Potongan Harga Gas Industri

Kementerian Perindustrian tengah merampungkan Peraturan Menteri Perindustrian yang menjadi prosedur pengajuan potongan harga gas untuk tujuh jenis industri.

Kadin: Kebijakan Izin Investasi Perlu Diperbaiki

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah menyatakan kebijakan izin investasi perlu diperbaiki salah satunya izin mendirikan bangunan (IMB).

Bali Tuan Rumah Gerakan Minum Jamu

Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pengusaha (DPP GP) Jamu memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan menggelar kegiatan yang mengusung tema "Gerakan Nasional Minum (GNM) dan Cinta Jamu Indonesia (CJI).

Kabupaten Malang Segera Miliki Ruang Pendingin Tuna

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang, dalam waktu dekat ini segera merealisasikan pembangunan ruang khusus pendingin untuk pembekuan ikan, terutama ikan tuna yang menjadi komoditas "primadona" tangkapan nelayan di daerah itu.

Forum Harimau Minta Hukuman Pelaku Perburuan Diperberat

Forum Harimau Kita (FHK) menyerukan agar aparat penegak hukum memperberat hukuman bagi pelaku perburuan dan perdagangan Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae).