Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

KPU Biak Buka Pendaftaran Pemantau PILKADA Independen

komisi pemilihan umum, membuka pendaftaran, pemantau independen, pemilihan kepala daerah

Posted on 22 May 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka pendaftaran pemantau independen untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati setempat pada 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 2014.

Ketua KPU Biak Milliam P.Tiblola di Biak, Rabu mengatakan, untuk menjadi pemantau Pemilu independen syaratnya harus mendaftar ke KPU untuk diberikan akreditasi dan Identitas sehingga bisa melakukan pengawasan di lapangan.

'Meski KPU sudah membuka jadwal pendaftaran pengawas Pemilu dan pengawas Pilkada BupatiBiak Numforhingga Mei 2013 belum satupun kelompok masyarakat mendaftar menjadi pengawas independen,' ucap Ketua KPU Milliam Tiblola.

Ia mengakui, persyaratan lain menjadi pemantau independen harus memiliki sumber dana yang jelas serta berbadan hukum dibuktikan dengan akta notaris bersangkutan.

Ketua KPU Milliam mengakui, perlu ada pemantau independen sehingga proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 9 Aprik 2014 dapat berjalan secara demokratis, langsung, bebas rahasia serta jujur dan adil.

KPU Biak, lanjut Milliam, masih membuka kesempatan bagi setiap organisasi atau kelompok masyarakat untuk mendaftar sebagai pemantau independen untuk proses demokrasi Pilkada Bupati 2013 dan Pemilu 2014.

'Untuk tahapan Pemilukada Bupati Biak sudah memasuki jadwalpendaftaran pasangan calon Bupati 25 Mei hingga 1 Juni 2013melalui gabungan partai politik serta jalur perseorangan yang saat ini hanya diawasi Panitia Pengawas Pemilu setempat,' katanya.

Sedangkan tahapan Pemilu 2014, lanjut Milliam, hingga saat ini telah memasuki proses perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif DPRD Biak Numfor hingga batas waktu 22 Mei 2013.(ant/rd)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.