Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

KPU Biak Buka Pendaftaran Pemantau PILKADA Independen

komisi pemilihan umum, membuka pendaftaran, pemantau independen, pemilihan kepala daerah

Posted on 22 May 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka pendaftaran pemantau independen untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati setempat pada 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 2014.

Ketua KPU Biak Milliam P.Tiblola di Biak, Rabu mengatakan, untuk menjadi pemantau Pemilu independen syaratnya harus mendaftar ke KPU untuk diberikan akreditasi dan Identitas sehingga bisa melakukan pengawasan di lapangan.

'Meski KPU sudah membuka jadwal pendaftaran pengawas Pemilu dan pengawas Pilkada BupatiBiak Numforhingga Mei 2013 belum satupun kelompok masyarakat mendaftar menjadi pengawas independen,' ucap Ketua KPU Milliam Tiblola.

Ia mengakui, persyaratan lain menjadi pemantau independen harus memiliki sumber dana yang jelas serta berbadan hukum dibuktikan dengan akta notaris bersangkutan.

Ketua KPU Milliam mengakui, perlu ada pemantau independen sehingga proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 9 Aprik 2014 dapat berjalan secara demokratis, langsung, bebas rahasia serta jujur dan adil.

KPU Biak, lanjut Milliam, masih membuka kesempatan bagi setiap organisasi atau kelompok masyarakat untuk mendaftar sebagai pemantau independen untuk proses demokrasi Pilkada Bupati 2013 dan Pemilu 2014.

'Untuk tahapan Pemilukada Bupati Biak sudah memasuki jadwalpendaftaran pasangan calon Bupati 25 Mei hingga 1 Juni 2013melalui gabungan partai politik serta jalur perseorangan yang saat ini hanya diawasi Panitia Pengawas Pemilu setempat,' katanya.

Sedangkan tahapan Pemilu 2014, lanjut Milliam, hingga saat ini telah memasuki proses perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif DPRD Biak Numfor hingga batas waktu 22 Mei 2013.(ant/rd)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.