Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Distribusikan Surat Suara Pilkada Riau 2013

kpu distribusikan, sura suara, pilkada riau 2013

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 206

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah mendistribusikan sebanyak lebih empat juta surat suara Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2013 ke seluruh kabupaten dan kota yang ada di sana.

"Pendistribusian surat suara telah tuntas sejak Minggu (11/8)," kata Kepala Sub-Bagian Umum dan Logistik KPU Dearah Riau, Khoirul Fahmi di Pekanbaru, Selasa.

Selanjutnya kata dia, KPU di seluruh daerah kabupaten dan kota akan melipat surat suara dan menunggu alat kelengkapan pemilihan suara lainnya untuk dikemas dalam kotak suara dan didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengatakan, sebanyak tiga kontainer berisikan surat suara sebelumnya pada 5 Agustus 2013 berangkat dari Bandung, Jawa Barat, menuju Riau dengan melewati perjalanan darat.

Ketiga kontainer tersebut kata Khoirul, membawa sekitar 4.100.471 surat suara yang saat ini telah tiba di seluruh kabupaten dan kota di Riau.

Ia mengatakan, surat suara yang dicetak berdasarkan jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yakni sebanyak 4.000.459, kemudian ditambah 2,5 persen yaitu sebanyak 100.011.475.

"Penambahan surat suara itu sesuai dengan aturan Pilkada, gunanya adalah untuk mengantisipasi jika ada surat suara yang rusak," ucapnya, menjelaskan.

Khoirul mengemukakan, pengiriman logistik surat suara tersebut sebelumnya dari Pekanbaru dikirim melalui jasa pengiriman Kantor Pos.

Saai ini, kata dia, surat suara sudah diterima oleh sebanyak 12 KPU Daerah kabupaten dan kota se-Riau.

"Pejabat penerima barang dan sekretaris masing-masing KPU sudah menerima langsung dari PT Pos," tuturnya.

Setelah menerima surat suara, demikian Khoirul, petugas di masing-masing KPU akan menyortir surat suara yang rusak dan mengetahui kekurangan surat suara, sehingga penambahan dapat segera dilaksanakan.

Setelah itu, kata dia, kemudian baru melengkapinya dengan berbagai alat kelengkapan yang dibutuhkan seperti tinta, segel, formulir, alat pencoblos, alas pencoblos, sampul, tanda pengenal untuk saksi, Linmas dan KPPS, template untuk pemilih tuna netra, daftar pasangan calon untuk di TPS, pena, spidol dan tali rafia.

"Semuanya harus lengkap agar saat pemilihan nanti, tidak terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu bahkan menggagalkan jalannya pemilihan gubernur," tukasnya.(ris/ant)

OJK Bali Ajak Mahasiswa Investasi Pasar Modal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara mengajak mahasiswa di Pulau Dewata untuk berinvestasi di pasar modal karena adanya kemudahan berupa minimum transaksi sebesar Rp100 ribu.

Perajin Hiasan Kulit Kerang Terkendala Bahan Baku

Perajin hiasan yang terbuat dari kulit kerang di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terkendala bahan baku karena kerang sulit ditemukan di wilayah perairan selatan Cilacap.

Pengamanan Laut Tidak Bisa Dilakukan Satu Negara

Pengamanan wilayah laut sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh satu negara saja walau pun masuk yuridiksi negara tersebut dalam mencegah aktivitas penangkapan ikan secara ilegal.

Ahok: Ganjil Genap Lebih Efektif Dibandingkan 3-in-1

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai sistem ganjil genap lebih efektif dalam mengurangi volume kendaraan di ibukota dibandingkan dengan sistem terdahulu, yakni 3-in-1.

Menristekdikti: 50 Persen Dosen Vokasi Dari Industri

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan ke depan sebanyak 50 persen dosen pendidikan vokasi harus dari industri.