Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Distribusikan Surat Suara Pilkada Riau 2013

kpu distribusikan, sura suara, pilkada riau 2013

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 206

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah mendistribusikan sebanyak lebih empat juta surat suara Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2013 ke seluruh kabupaten dan kota yang ada di sana.

"Pendistribusian surat suara telah tuntas sejak Minggu (11/8)," kata Kepala Sub-Bagian Umum dan Logistik KPU Dearah Riau, Khoirul Fahmi di Pekanbaru, Selasa.

Selanjutnya kata dia, KPU di seluruh daerah kabupaten dan kota akan melipat surat suara dan menunggu alat kelengkapan pemilihan suara lainnya untuk dikemas dalam kotak suara dan didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengatakan, sebanyak tiga kontainer berisikan surat suara sebelumnya pada 5 Agustus 2013 berangkat dari Bandung, Jawa Barat, menuju Riau dengan melewati perjalanan darat.

Ketiga kontainer tersebut kata Khoirul, membawa sekitar 4.100.471 surat suara yang saat ini telah tiba di seluruh kabupaten dan kota di Riau.

Ia mengatakan, surat suara yang dicetak berdasarkan jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yakni sebanyak 4.000.459, kemudian ditambah 2,5 persen yaitu sebanyak 100.011.475.

"Penambahan surat suara itu sesuai dengan aturan Pilkada, gunanya adalah untuk mengantisipasi jika ada surat suara yang rusak," ucapnya, menjelaskan.

Khoirul mengemukakan, pengiriman logistik surat suara tersebut sebelumnya dari Pekanbaru dikirim melalui jasa pengiriman Kantor Pos.

Saai ini, kata dia, surat suara sudah diterima oleh sebanyak 12 KPU Daerah kabupaten dan kota se-Riau.

"Pejabat penerima barang dan sekretaris masing-masing KPU sudah menerima langsung dari PT Pos," tuturnya.

Setelah menerima surat suara, demikian Khoirul, petugas di masing-masing KPU akan menyortir surat suara yang rusak dan mengetahui kekurangan surat suara, sehingga penambahan dapat segera dilaksanakan.

Setelah itu, kata dia, kemudian baru melengkapinya dengan berbagai alat kelengkapan yang dibutuhkan seperti tinta, segel, formulir, alat pencoblos, alas pencoblos, sampul, tanda pengenal untuk saksi, Linmas dan KPPS, template untuk pemilih tuna netra, daftar pasangan calon untuk di TPS, pena, spidol dan tali rafia.

"Semuanya harus lengkap agar saat pemilihan nanti, tidak terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu bahkan menggagalkan jalannya pemilihan gubernur," tukasnya.(ris/ant)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.