Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.