Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU 'Goes To School' Jaring Pemilih Pemula

kpu, malang, program goes to school, karing pemilih pemula

Posted on 20 Nov 2013. Hits : 228

Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, Jawa Timur, menggelar program 'goses to school' untuk menjaring pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar di daerah itu.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zainudin, Rabu, mengatakan potensi pemilih pemula di kota pendidikan itu cukup besar, diperkirakan mencapai 25 sampai 30 persen dari jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sekitar 607.875 jiwa.

'Sosialisasi di sekolah-sekolah, khususnya jenjang SMA ini sangat penting karena pelajar merupakan pemilih pemula,' kata Zainudin yang membidangi Divisi SDM, Organisasi dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Malang.

Menurut dia, materi sosialisasi pada pelajar tersebut, selain hal-hal yang berkaitan dengan teknis pemilihan, KPU juga mengajak siswa untuk menyalurkan aspirasi politiknya berdasarkan hati nurani, bukan karena iming-iming sesuatu atau imbalan tertentu dari para calon legislatif (caleg).

Sosialisasi yang dikemas dalam program goes to school itu tidak hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah yang berstatus negeri, tapi juga swasta.

Selain menyasar para pemilih pemula di sekolah-sekolah, lanjutnya, dalam waktu dekat ini jug a mulai menggarap pemilih perempuan yang jumlahnya lebih banyak dari kaum laki-laki. Perempuan yang sudah masuk DPT pemilihan legislatif 2014 mencapai 309.888 jiwa, sedangkan laki-laki h anya sebanyak 297.987 jiwa.

Ia mengakui sosialisasi pemilihan legislatif yang digelar pada April 2014 itu tidak dilakukan sendirian, tapi juga menggandeng relawan demokrasi yang telah dibentuk beberapa waktu lalu dan sudah dibekali berbagai materi terkait pemilu legislatif.

Tugas relawan demokrasi yang berjumlah 25 orang itu adalah sebagai penghubung sekaligus yang menyiapkan segala sesuatu ketika KPU akan menggelar sosialisasi di lingkungan masyarakat, bahkan menjadi petugas sosialisasi partisipasi pemilih bagi masyarakat di sekitarnya.

'Berbagai elemen akan kita sasar untuk sosialisasi ini, yakni elemen perempuan, pemilih pemula, keagamaan, disabelitas, dan warga di daerah pinggiran. Semua kegiatan sosialisasi akan melibatkan relawan demokrasi,' katanya, menambahkan.(ant/rd)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.