Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Kpu Malut: Pilkada Damai Jangan Hanya Slogan

komisi pemilihan umum, muliadi tutupoho, pilkada damai

Posted on 26 May 2013. Hits : 333

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara Muliadi Tutupoho memita seluruh pasangan calon gubernur/wakil gubernur agar keinginan pilkada damai tidak hanya dijadikan slogan.

'Komitmen pilkada damai tersebut tidak hanya menjadi slogan, tetapi harus diwujudkan oleh semua pihak yang terkait dengan pilkada, terutama para cagub/cawagub dan tim suksesnya,' katanya di Ternate, Minggu.

KPU Malut akan berupaya melaksanakan semua tahapan Pilkada Malut sesuai dengan aturan dan jika dalam proses pelaksanaannya nanti, terutama setelah penetapan pemenang pilkada, ada pihak yang keberatan hendaknya menggunakan jalur hukum, antara lain ke Mahkamah Konstitusi.

Ia juga menekankan kepada kepala daerah agar mengawasi dan lebih menyosialisasikan mengenai netralitas KPU dalam melaksanakan semua tahapan pilkada, karena sesuai pengalaman selama ini, salah satu penyebab terjadinya konflik dalam pilkada adalah ketidakpuasan terhadap kinerja KPU.

Sebelumnya, enam pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur (Cagub/Cawagub) Malut untuk periode 2013-2018 mendeklarasikan penyelenggaraan pilkada damai dan berkualitas, terutama pada tahapan kampanye, pemungutan suara dan pasca-penetapan pemenang.

Deklarasi pilkada damai yang berlangsung di Ternate digagas oleh Polda Malut bekerja sama dengan KPU Malut dan masing-masing tim sukses pasangan cagub/cawagub.

Sementara Kapolda Malut Brigjen Pol Machmud Arifin mengatakan, pihaknya saat ini sangat mengharapkan agar deklarasi pilkada damai tersebut tidak hanya sebatas pernyataan lisan, tetapi benar-benar diimplementasikan selama proses penyelenggaraan pilkada.

Kasus konflik pada pilkada Malut 2012 dan 2007 harus menjadi pelajaran bagi semua pihak agar tidak lagi terjadi pada Pilkada Malut 2013 ini, karena konflik seperti itu justru sangat merugikan daerah dan masyarakat.

Ia mengatakan, ada tiga komponen utama yang harus saling bekerja sama untuk mendukung penyelenggaraan pilkada damai, yakni KPU sebagai penyelenggara, para cagub/cawagub serta unsur pengamanan yakni Polri dan TNI.(ant/rd)

Rumah Bongkar-Pasang Ini Bisa Dibangun Hanya dalam Waktu Tiga Jam

Pernah membayangkan membangun sebuah rumah hanya dalam waktu tiga jam? Arsitek Joshua Woodsman dari Pin-Up Houses merealisasikan hal tersebut dengan mendesain rumah kecil inovatif yang disebut dengan France.

Puluhan Toko Sepanjang Harmoni-Pecenongan Tutup

Puluhan toko tutup di kawasan jalan Harmoni hingga Pecenongan, Jakarta Pusat pada saat pelaksanaan doa bersama di Monumen Nasional (Monas).

Dinas Kebersihan DKI Kerahkan Berbagai Sarana Saat Doa Bersama

Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan berbagai sarana dan prasarana kebersihan selama berlangsungnya aksi doa bersama pada hari ini di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dewan Kesenian Metro Gelar Pameran Seni Rupa

Dewan Kesenian Metro (DKM) pada penghujung tahun 2016 tak hanya menggelar Liga Teater Pelajar tetapi juga menyiapkan gelar pameran seni rupa bertajuk Point of Interest.

Doa Bersama 212 Diwarnai Gerimis

Aksi doa bersama umat Islam pada 2 Desember (212) diwarnai gerimis ringan pukul 10.