Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 569

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.