Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Tetapkan DPT Pemilu Legislatif 2014

komisi pemilihan umum, pemilu legislatif, pemilu 2014, dpt

Posted on 12 Sep 2013. Hits : 500

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, Jawa Tengah, Kamis, menetapkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 1.316.818 orang.

"Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri pimpinan 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di Banyumas, Panitia Pengawas Pemilihan Umum, Panitia Pemilihan Kecamatan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta beberapa institusi lainnya," kata anggota KPU Banyumas, FA Agus Wahyudi, di Purwokerto.

Dalam DPT yang disusun berdasarkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) akhir, kata dia, terdapat penurunan jumlah pemilih sebanyak 247 orang jika dibanding dengan DPSHP awal yang sebanyak 1.317.065 orang.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena adanya pencoretan terhadap 4.250 nama yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

Meskipun terjadi pencoretan, dia mengatakan bahwa dalam DPSHP akhir terdapat 4.003 pemilih baru yang masuk.

"Dengan demikian, selisih antara DPSHP awal dan DPSHP akhir sebanyak 247 orang," katanya.

Ia mengatakan KPU Banyumas akan memberikan salinan (softcopy) DPT ini kepada seluruh pimpinan parpol peserta Pemilu di Kabupaten Banyumas dan Panwaslu Banyumas agar bisa dicermati.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Purbalingga Heri Sulistyono mengatakan bahwa berdasarkan rapat pleno terbuka yang digelar pada hari Rabu (11/9), jumlah pemilih yang terdaftar pada DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini mencapai 725.419 orang, terdiri 365.149 laki-laki dan 360.270 perempuan.

Menurut dia, perubahan DPT bisa terjadi setiap saat dengan rentang waktu yang cepat, seperti adanya pemilih yang mutasi ke luar daerah maupun masuk Purbalingga, pemilih yang meninggal dunia, pemilih pemula, dan pemilih yang belum terdaftar dalam DPT.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar saat DPT ditetapkan, masih bisa didaftarkan untuk menjadi pemilih dalam pemilu. Bahkan, bagi masyarakat yang tidak mempunyai identitas berupa kartu tanda penduduk atau kartu keluarga, akan masuk dalam daftar pemilih khusus," katanya.(ris/ant)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.