Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pemkab Kudus Sosialisasikan Tahapan Pilkades

pemkab kudus, sosialisasikan, pilkades

Posted on 03 Oct 2013. Hits : 426

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sosialisasikan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang bakal digelar secara serentak lewat spanduk yang dipasang di setiap kantor kepala desa dan kecamatan.

"Kami sudah menyiapkan media sosialisasi, seperti spanduk berdiri (stand banner) yang berukurang sedang yang nantinya akan ditempatkan di sembilan kantor kecamatan dan 116 desa yang akan menggelar Pilkades," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Kamis.

Di dalam "stand banner" tersebut, kata dia, terdapat informasi tahapan mulai dari tahapan pembentukan panitia pemilihan kepala desa (Panlih) hingga penngangkatan dan pelantikan calon kepala desa terpilih.

Dengan adanya spanduk informasi tersebut, dia berharap, masyarakat juga ikut mendukung pelaksanaannya dan memantau tahapan persiapan agar pelaksanaannya nanti berlangsung lancar dan kondusif.

"Setidaknya, tahapan awal hingga akhir tidak ada permasalahan, karena masyarakat juga ikut mengawasinya," ujarnya.

Berdasarkan tahapan, kata dia, 30 September hingga 2 Oktober 2013 merupakan tahapan pembentukan Panlih oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sedangkan pendaftaran pemilih dimulai 6-20 Oktober 2013 dan penetapan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada 4 November 2013, serta pemungutan suara pada 4 November 2013.

Ia berharap, masyarakat bersikap proaktif memastikan namanya sudah tercatat sebagai pemilih pada DPT Pilkades.

Untuk menghindari warga tidak tercantum di DPT, katanya, setiap tahapan panitia pendaftar pemilih diminta untuk mengumumkan setiap tahapan pendaftaran pemilih.

Rencananya, terdapat 116 desa di Kabupaten Kudus yang akan menggelar Pilkades secara serentak.(ris/ant)

Summarecon Bandung Tawarkan Hunian Yang Humanis

Summarecon Bandung adalah kawasan seluas 300 ha yang dikembangkan oleh PT Summarecon Agung Tbk.

KPK Ingin Hilangkan Politik Uang Dalam Pilkada

Komisi Pemberantasan Korupsi menginginkan agar politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah dihilangkan, salah satunya dengan usulan institusi itu untuk meningkatkan dana bantuan bagi partai politik sebesar 50 persen, kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Garda Bangsa: Radikalisme Ancam Kebhinekaan

Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Garda Bangsa menilai kebhinekaan yang ada di Indonesia saat ini terancam oleh perkembangan paham radikal dan terorisme.

KJRI Berupaya Bebaskan WNI Ditahan Di Jeddah

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) berupaya membebaskan dua warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan di Jeddah setelah bergurau membawa bom ketika hendak naik pesawat, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir.

Presiden Segera Berantas 'Jual Beli' Jabatan ASN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan segera memberantas praktik "jual beli" jabatan dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).