Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pemkab Kudus Sosialisasikan Tahapan Pilkades

pemkab kudus, sosialisasikan, pilkades

Posted on 03 Oct 2013. Hits : 426

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sosialisasikan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang bakal digelar secara serentak lewat spanduk yang dipasang di setiap kantor kepala desa dan kecamatan.

"Kami sudah menyiapkan media sosialisasi, seperti spanduk berdiri (stand banner) yang berukurang sedang yang nantinya akan ditempatkan di sembilan kantor kecamatan dan 116 desa yang akan menggelar Pilkades," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Kamis.

Di dalam "stand banner" tersebut, kata dia, terdapat informasi tahapan mulai dari tahapan pembentukan panitia pemilihan kepala desa (Panlih) hingga penngangkatan dan pelantikan calon kepala desa terpilih.

Dengan adanya spanduk informasi tersebut, dia berharap, masyarakat juga ikut mendukung pelaksanaannya dan memantau tahapan persiapan agar pelaksanaannya nanti berlangsung lancar dan kondusif.

"Setidaknya, tahapan awal hingga akhir tidak ada permasalahan, karena masyarakat juga ikut mengawasinya," ujarnya.

Berdasarkan tahapan, kata dia, 30 September hingga 2 Oktober 2013 merupakan tahapan pembentukan Panlih oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sedangkan pendaftaran pemilih dimulai 6-20 Oktober 2013 dan penetapan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada 4 November 2013, serta pemungutan suara pada 4 November 2013.

Ia berharap, masyarakat bersikap proaktif memastikan namanya sudah tercatat sebagai pemilih pada DPT Pilkades.

Untuk menghindari warga tidak tercantum di DPT, katanya, setiap tahapan panitia pendaftar pemilih diminta untuk mengumumkan setiap tahapan pendaftaran pemilih.

Rencananya, terdapat 116 desa di Kabupaten Kudus yang akan menggelar Pilkades secara serentak.(ris/ant)

Kemkes Gelar Periksa Deteksi Kanker Mata Gratis

Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis pada 200 anak dalam memperingati Hari Kanker Anak Dunia yang jatuh pada 22 Februari.

Pemkab Tangerang Ukur Ulang 26 Situ Rusak

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pengukuran ulang terhadap 26 situ (rawa) yang rusak untuk dilakukan normalisasi.

Strategi Kemenperin Dongkrak Industri Padat Karya

Produk industri dalam negeri dipacu agar lebih berdaya saing agar mampu menjadi pemenang perdagangan di kancah global sehingga Kementerian Perindustrian mengusulkan insentif berupa pemotongan pajak penghasilan (PPh) untuk industri padat karya yang berorientasi ekspor.

Jatim Akan Luncurkan "e-Smart Samsat"

Pemerintah Provinsi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meluncurkan program "e-Smart Samsat" untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Heryawan Instruksikan Moratorium Izin Pembangunan Kawasan Banjir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menyetop seluruh perizinan pembangunan di seluruh kawasan rawan banjir mulai 2017.