Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Presiden Akan Umumkan 'May Day' Sebagai Libur Nasional

mayaday,hari libur nasional

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 442

Presiden SBY akan mengumumkan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei menjadi hari libur nasional. Ini merupakan kado istimewa yang sudah ditunggu-tunggu oleh para buruh dan pekerja dari sejak lama.

Demikian disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, usai bertemu dengan Presiden di Istana Negara, Senin (29/4) petang yang dikutip dari laman webpresiden.

“Ini kado istimewa dan insya Allah akan disampaikan pada 1 Mei mendatang di PT Maspion atau PT Unilever. Beliau (Presiden) akan memberikan kado yang sudah kami tunggu-tunggu lama sekali, yaitu akan menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional pada tahun-tahun berikutnya,” kata Said.

Presiden SBY juga mengungkapkan rasa empatinya terhadap para buruh. “Presiden mengatakan berasal dari orang kecil, maka sudah barang tentu hati dan empatinya sama seperti yang dirasakan orang kecil dan masyarakat miskin, termasuk buruh yang tergolong dalam kaum marginal,” Said menjelaskan.

Pimpinan serikat pekerja/buruh dalam pertemuan tadi menyampaikan jangan ada penangguhan upah minimun yang tidak sesuai aturan main, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 231 tahun 2003. Dalam kesempatan ini, ditekankan pula tentang upah guru honor. Para buruh meminta guru honor harus mendapatkan upah minimum.

Menurut Said, Presiden SBY menyambut baik usulan tersebut. Soal penangguhan pembayaran upah minimum memang ada aturannya. Tapi dengan syarat, seperti ada audit , diketahui pekerja atau serikat pekerja, dan perusahaan bersangkutan memang rugi. “Kalau tidak ada syarat-syarat tersebut, jangan dipermudah,” ujar Said.

Sementara itu, Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia Nining Elitos, yang turut menyampaikan keterangan pers, mengatakan serikat pekerja akan terus mendorong penghapusan sistem outsourcing, penghentian tindakan premanisme, dan kriminalisasi terhadap serikat buruh.(ris)

Wall Street Berakhir Naik Lebih Tinggi

Saham-saham di Wall Street terdorong lebih tinggi pada Jumat (Sabtu pagi WIB), memulai kembali kenaikan mereka dan mengabaikan beberapa hasil laba mengecewakan dengan S&P 500 ditutup pada rekor baru.

Dolar AS Melonjak Didukung Data Ekonomi Positif

Kurs dolar AS melonjak terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data ekonomi terbaru yang keluar dari negara itu secara keseluruhan positif, memacu ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga tahun ini.

Harga Minyak Dunia Turun

Harga minyak dunia turun pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan peningkatan aktivitas dalam pengeboran minyak AS sehingga menambah kekhawatiran tentang kelebihan pasokan.

Emas Turun Tertekan Penguatan Data dan Dolar AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data ekonomi dan dolar AS yang lebih kuat menekan emas.

BBB Tampilkan Dua Komponis Muda

Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar menampilkan dua komponis muda untuk mengkreasi sejumlah komposisi sebagai respon atas tema utama "A Tribute to Lotring" yang digelar, Minggu (24/7).