Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Presiden Akan Umumkan 'May Day' Sebagai Libur Nasional

mayaday,hari libur nasional

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 442

Presiden SBY akan mengumumkan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei menjadi hari libur nasional. Ini merupakan kado istimewa yang sudah ditunggu-tunggu oleh para buruh dan pekerja dari sejak lama.

Demikian disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, usai bertemu dengan Presiden di Istana Negara, Senin (29/4) petang yang dikutip dari laman webpresiden.

“Ini kado istimewa dan insya Allah akan disampaikan pada 1 Mei mendatang di PT Maspion atau PT Unilever. Beliau (Presiden) akan memberikan kado yang sudah kami tunggu-tunggu lama sekali, yaitu akan menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional pada tahun-tahun berikutnya,” kata Said.

Presiden SBY juga mengungkapkan rasa empatinya terhadap para buruh. “Presiden mengatakan berasal dari orang kecil, maka sudah barang tentu hati dan empatinya sama seperti yang dirasakan orang kecil dan masyarakat miskin, termasuk buruh yang tergolong dalam kaum marginal,” Said menjelaskan.

Pimpinan serikat pekerja/buruh dalam pertemuan tadi menyampaikan jangan ada penangguhan upah minimun yang tidak sesuai aturan main, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 231 tahun 2003. Dalam kesempatan ini, ditekankan pula tentang upah guru honor. Para buruh meminta guru honor harus mendapatkan upah minimum.

Menurut Said, Presiden SBY menyambut baik usulan tersebut. Soal penangguhan pembayaran upah minimum memang ada aturannya. Tapi dengan syarat, seperti ada audit , diketahui pekerja atau serikat pekerja, dan perusahaan bersangkutan memang rugi. “Kalau tidak ada syarat-syarat tersebut, jangan dipermudah,” ujar Said.

Sementara itu, Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia Nining Elitos, yang turut menyampaikan keterangan pers, mengatakan serikat pekerja akan terus mendorong penghapusan sistem outsourcing, penghentian tindakan premanisme, dan kriminalisasi terhadap serikat buruh.(ris)

Menkeu Upayakan Pencapaian Target Penerimaan Pajak 2016

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengupayakan pencapaian target penerimaan pajak sebesar Rp1.

Kemenkeu Gandeng Apkasi Bahas RUU Keuangan

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia merespon positif rencana Kementrian Keuangan RI menggandeng Apkasi dalam pembahasan Rancangan Undang-undang yang akan memperbaharui hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Lima Dubes Siap Hadiri PBN Pekalongan

Lima duta besar negara sahabat menyatakan siap hadir pada pembukaan Pekan Batik Nusantara (PBN) di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan dijadwalkan 4 Oktober 2016.

Akun Medsos Harus Didaftarkan ke KPU DKI

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengingatkan setiap bakal calon gubernur dan wakil gubernur setempat atau partai politik pendukung untuk mendaftarkan akun media sosial mereka ke Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta "Setiap paslon boleh juga parpol bikin akun khusus, boleh juga gabungan partai bikin akun khusus dan semuanya harus didaftarkan di KPU DKI Jakarta," kata Ketua Pokja Kampanye DKI Jakarta, Dahlia Umar di Kantor KPU DKI Jakarta, Sabtu.

E-Warong Terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota

Direktur Pengembangan Bisnis Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) akan terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota (RPK).