Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Suswono Dipanggil KPK, Diduga Berperan dalam Kasus Impor Daging Sapi

korupsi, suswono, menteri pertanian, komisi pemberantasan korupsi

Posted on 14 Mar 2013. Hits : 410

Menteri Pertanian Suswono memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini, Kamis. Meski hanya dipanggil sebagai saksi, namun keberadaan menteri dari jalur Partai Keadilan Sejahtera ini disebut-sebut terlibat dalam kasus suap impor daging sapi.

Suswono tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.05 WIB dengan diantar mobil Toyota Fortuner berwarna hitam. Kepada wartawan, Suswono mengaku dipanggil KPK sebagai saksi terkait dengan kasus suap kuota impor daging sapi.

"Substansinya ya seputar empat tersangka: LHI, AF, dan dua tersangka dari Indoguna," katanya.

Suswono mengatakan tak membawa data atau dokumen apa pun. Dia beralasan tak tahu apa saja yang akan ditanyakan oleh tim penyidik.

Kasus kuota daging pertama kali mencuat saat KPK menciduk Ahmad Fathanah, orang dekat Luthfi Hasan Ishaaq, di Hotel Le Meridien, Jakarta, pada 29 Januari lalu. Fathanah diduga menerima Rp 1 miliar dari Juard Effendi dan Arya Abdi Effendy, petinggi PT Indoguna Utama. Duit ini diduga ditujukan untuk Luthfi, yang meluluskan kuota impor untuk PT Indoguna. Fathanah, Juard, dan Arya sudah jadi tersangka.

Peran Suswono terungkap

Peran Suswono antara lain terungkap dari pengakuan komisaris PT Radina Bio Adicita, Elda Devianne Adiningrat. Pengacara Elda, John Pieter Nazar, mengatakan Elda sudah membeberkan kepada KPK ihwal pertemuan Luthfi, Suswono, Fathanah, dan Elizabeth di Medan pada 10-11 Januari 2013.

Elda, kata John, mengaku tidak ikut nimbrung dalam pertemuan itu, namun dia duduk tidak jauh dari mereka. Setelah pertemuan, Elda mengetahui isi pembicaraan dari penuturan Luthfi. Atas permintaan Luthfi, Elda mencatat materi pertemuan pada secarik kertas yang kini telah disita KPK.

"Yang dicatat soal data kekurangan daging," kata John.

Suswono dan Luthfi membenarkan kabar tentang pertemuan itu, tapi membantah jika dikatakan membahas kuota impor daging. (bn)

Mataram Gelar Gebyar Pembayaran PBB

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar acara gebyar pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2016 sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat membayar PBB.

BPJS Diminta Perbaiki Pola Sosialisasi Masyarakat

Anggota DPR RI Okky Asokawati meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memperbaiki pola sosialisasi kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi yang tertipu dan menggunakan kartu BPJS palsu.

Presiden Jokowi Bentuk Badan Hak Atas Kekayaan Intelektual

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mengatakan Presiden Joko Widodo perlu segera membentuk Badan Hak Atas Kekayaan Intelektual agar kemajuan ekonomi kreatif lebih progresif.

Yogyakarta Gagal Bawa Pulang Adipura

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali gagal membawa pulang piala Adipura untuk tiga tahun berturut-turut sejak 2013, setelah pada tahun ini hanya mendapat plakat Adipura untuk penilaian Terminal Giwangan.

Pemain Pokemon Go Diminta Lebih Berhati-Hati Dengan Lingkungan

Maraknya permainan Pokemon Go mengakibatkan pemainnya harus berhati-hati dengan lingkungan sekitarnya, terlebih pada segelintir orang yang memanfaatkan permainan tersebut untuk melakukan tindakan kriminal.