Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tahapan Pemilukada Di Deiyai Dinilai Cacat Hukum

tahapan pemilihan kepala daerah, di kabupaten deiyai, cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada yan giyai

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 350

Tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Deiyai dinilai cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada Yan Giyai di Jayapura, Selasa.

"Penyelenggara pemilukada di Kabupaten Deiyai diduga telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu," ujar Yan.

Ia menjelaskan, penyelenggara pemilu dalam hal ini Ketua dan anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Deiyai diduga tidak cermat, tidak adil, tidak setara dan tidak independent dalam penyelenggaraan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Deiyai karena berpihak pada salah satu pasangan calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Dogiyai tahun 2012.

"Hal ini sudah dilaporkan juga secara tertulis ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu) KPU dan memutuskan bahwa ketua dan anggota KPUD Kabupaten Deiyai yang berjumlah lima orang diberhentikan sesuai dengan Surat Putusan No.1/DKPP-PKE-II/2013," urai Yan.

Lebih lanjut Yan menuturkan, oleh karena kelima anggota KPU tersebut telah diberhentikan, maka seharusnya tahapan pemilukada di Kabupaten Deiyai diulang kembali dari awal.

"Dari Surat Putusan DKPP disebutkan bahwa hasil putusannya tersebut harus segera dilaksanakan KPU Provinsi Papua dengan diawasi oleh Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu)," imbuhnya.(ant/rd)

Legislator: Rokok Mahal Kendalikan Konsumsi Generasi Muda

Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin menyatakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau yang membuat harga rokok mahal akan mengendalikan konsumsi generasi muda dan memberikan dampak positif pada masa depan.

Pengelolaan Hutan Jangan Dijadikan Kepentingan Ekonomi

Peneliti Ekonomi Kehutanan Pusat Peneliti dan Pengembangan Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ismatul Ismail menyatakan pengelolaan hutan jangan dijadikan kepentingan ekonomi sehingga bisa merusak kelestarian hutan.

Gempa Runtuhkan Bangunan di Italia Tengah, Enam Diperkirakan Tewas

Gempa berkekuatan besar menghacurkan sejumlah bangunan di Italia tengah pada Rabu dinihari, menjebak penduduk dan menyebabkan warga lain melarikan diri, dengan setidak-tidaknya enam orang diperkirakan tewas.

KPK Dorong Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong pemerintah daerah memperbaiki tata kelola pemerintah dengan menerapkan praktik terbaik (best practice) khususnya bidang perencanaan dan pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa serta pelayanan perizinan.

Sumatera Selatan Dongkrak Konsumsi Ikan Masyarakat

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan mendongkrak konsumsi ikan masyarakat dengan menggencarkan gerakan makan ikan (Gemarikan) di setiap kabupaten/kota.