Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Tahapan Pemilukada Di Deiyai Dinilai Cacat Hukum

tahapan pemilihan kepala daerah, di kabupaten deiyai, cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada yan giyai

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 350

Tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Deiyai dinilai cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada Yan Giyai di Jayapura, Selasa.

"Penyelenggara pemilukada di Kabupaten Deiyai diduga telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu," ujar Yan.

Ia menjelaskan, penyelenggara pemilu dalam hal ini Ketua dan anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Deiyai diduga tidak cermat, tidak adil, tidak setara dan tidak independent dalam penyelenggaraan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Deiyai karena berpihak pada salah satu pasangan calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Dogiyai tahun 2012.

"Hal ini sudah dilaporkan juga secara tertulis ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu) KPU dan memutuskan bahwa ketua dan anggota KPUD Kabupaten Deiyai yang berjumlah lima orang diberhentikan sesuai dengan Surat Putusan No.1/DKPP-PKE-II/2013," urai Yan.

Lebih lanjut Yan menuturkan, oleh karena kelima anggota KPU tersebut telah diberhentikan, maka seharusnya tahapan pemilukada di Kabupaten Deiyai diulang kembali dari awal.

"Dari Surat Putusan DKPP disebutkan bahwa hasil putusannya tersebut harus segera dilaksanakan KPU Provinsi Papua dengan diawasi oleh Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu)," imbuhnya.(ant/rd)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.