Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Polda Metro Jaya Akan Pindahkan Lokasi Sidang Ahok

Pihak Polda Metro Jaya mempertimbangkan memindahkan lokasi sidang Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke wilayah Cibubur, Jakarta Timur.

Ganjar Pranowo Diperiksa KPK

KPK memeriksa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (E-KTP) 2011-2012 di Kementerian Dalam Negeri.

Presiden Jokowi Ingatkan Agar Jangan Korupsi Dana APBN Satu Rupiahpun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar tidak ada dana dari APBN 2017 yang dikorupsi sekecil apa pun.

25 Tewas dan 26 Luka Berat Akibat Gempa Pidie Jaya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan korban gempa bumi 6,5 Skala Richter di Pidie Jaya, Aceh hingga pukul 11.

Penyidik Limpahkan Berkas Buni Yani ke Kejaksaan

Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melimpahkan berkas perkara tersangka pelanggaran UU ITE, Buni Yani, ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Selasa (6/12).