Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Daya Saing Produk Perikanan Indonesia Dinilai Relatif Rendah

produk perikanan, perikanan

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 498

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri mengatakan, daya saing produk perikanan Indonesia masih rendah antara lain dilihat masih sedikitnya jumlah produk perikanan dalam negeri yang diekspor.

"Dibandingkan dengan negara-negara perikanan, Indonesia relatif rendah," kata Rokhmin di Jakarta, Rabu.

Rokhmin memaparkan, nilai ekspor perikanan Indonsia pada 2011 sebesar 3,5 miliar dolar AS, sedangkan Vietnam 6,2 miliar dolar dan Thailand 8,5 miliar dolar AS.

Ia juga menuturkan, pangsa udang Indonesia dalam pasar udang global menempati peringkat ke empat, di bawah Thailand, China, dan Vietnam.

Rokhmin yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia itu mengemukakan, dari segi volume produksi dan konsumsi ikan per kapita, sektor perikanan menunjukkan kinerja yang cukup bagus.

"Sebelum ada Departemen Kelautan dan Perikanan atau Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 1999, produksi perikanan 3,9 juta ton, tahun 2004 sebesar 6 juta ton dan 2011 sebesar 13,4 juta ton," katanya.

Namun, ujar dia, dari segi produktivitas nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah hasil perikanan dinilai masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara perikanan utama lain seperti Jepang, Korea Selatan, dan China.

Ia memaparkan, keberlanjutan dan daya tahan baik usaha perikanan budidaya maupun perikanan tangkap masih rendah akibat ledakan penyakit dan faktor alam.

Sejumlah faktor yang disorot Rokhmin terkait dengan daya saing produk perikanan Indonesia antara lain adalah teknologi yang digunakan masih rendah dan belum diterapkannya manajemen yang profesional.

Selain itu, baik persoalan infrastruktur, sistem logistik, maupun ketersediaans arana produksi perikanan masih terbatas dan harganya relatif mahal khususnya di luar Jawa.

"Di negara-negara perikanan utama lain seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, India, dan China, sektor perikanan mendapat subsidi, khususnya BBM, benih, dan pakan," katanya. (ant/as)

Apindo Dorong Tenaga Kerja Ikut Sertifikasi Kompetensi

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah mendorong para tenaga kerja untuk mengikuti program sertifikasi kompetensi agar tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia.

Beasiswa Pascasarjana di Bidang International Water Center

Tiap tahun program beasiswa S2 yang diberi nama IWC Maters Scholarships ini dibuka bagi pelajar internasional.

SCAE Kunjungi Perkebunan Kopi Temanggung

Rombongan Speciality Coffee Aassociaton of Europe (SCAE) mengunjungi perkebunan kopi rakyat di lereng Gunung Sindoro di Desa Tlahab, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat.

Pemkot: Stiker Tak Bayar Pajak Merupakan Pembinaan

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, menyatakan bahwa pemasangan stiker tak bayar pajak pada sebuah rumah makan merupakan salah satu pembinaan yang dilakukan untuk mengingatkan kewajiban dari pengusaha terhadap sumbangsih pembangunan daerah.

Simeone Dukung Antoine Griezmann untuk Ballon d'Or

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone tidak meragukan Antoine Griezmann masuk daftar tiga besar saat finalis Ballon d'Or 2016 diumumkan.