Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Desa Wahyu Penghasil Kemiri

desa wahyu, penghasil komoditi kemiri

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 460

Desa Wahyu, salah satu dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kini sebagai daerah penghasil komoditi kemiri.

'Warga di sini dalam beberapa tahun terakhir ini menggantungkan hidup mereka dari hasil komoditi itu,' kata Deden, salah seorang petani asal Desa Wahyu, Sabtu.

Ia mengatakan hampir 95 persen warga desa tersebut sebagai petani kemiri.

Selain kemiri, petani di desa yang terletak di Pegunungan Matantimali juga mengembangkan komoditas perkebunan lain seperti kakao dan cengkeh.

'Tapi yang terbesar adalah tanaman kemiri,' kata ayah tiga putera itu.

Menurut dia, kondisi tanah dan juga iklim yang ada di Pegunungan Matantimali sangat cocok bagi pengembangan kemiri.

Kemiri yang dikembangkan terdiri atas kemiri lokal dan juga bogor. Kedua jenis kemiri itu sangat cocok dikembangkan di daerah itu.

Kemiri dalam jangka lima tahun sudah berproduksi dengan lebat.

Hasil produksi petani selama ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga biji kemiri dijual petani kepada pedagang saat ini berkisar Rp15.000,00 per kilogram. Harga kemiri pernah naik mencapai Rp30.000,00 per kilogram.

Petani selain menjual ke Palu, juga banyak pedagang yang datang membeli langsung di kebun petani, sehingga pemasaran komoditi tidak susah.(ant/rd)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.